Breaking News:

Serambi Mekkah

Sekda Banjar Buka Sosialisasi  Tata Cara Kerjasama Daerah

Sekda Banjar HM Hilman membuka Sosialisasi Permendagri Nomor 23 Tahun 2020 tentang tata cara kerjasama daerah

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Hari Widodo
MC Pemkab Banjar
Sekda Banjar HM Hilman membuka Sosialisasi Permendagri Nomor 23 Tahun 2020 tentang tata cara kerjasama daerah, Selasa (26/10/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Bagian Pemerintahan Setda Banjar melaksanakan kegiatan Sosialisasi Permendagri Nomor 23 Tahun 2020, Selasa (26/10/2021).

Sosialisasi permendagri tentang Tata Cara Kerjasama Daerah dengan Daerah Lain dan Kerjasama Daerah Dengan Pihak Ketiga di Aula Barakat ini dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman. 

Narasumber Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Masruri dan diikuti peserta SKPD Lingkup Pemkab Banjar. 

Dalam arahannya Sekda Banjar menjelaskan kerjasama daerah ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Itu karena setiap daerah pasti memiliki potensi dan keunggulan serta kekurangan dan keterbatasan. Ini diperlukan kerjasama dengan daerah lain guna mencapai kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Pedoman ini diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam mengidentifikasi dan memetakan urusan pemerintahan yang akan dikerjasamakan dengan daerah lain berdasarkan potensi dan karakteristiknya, sehingga kerjasama daerah dapat dilaksanakan untuk pertumbuhan ekonomi, peningkatan daya saing dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H Masruri menjelaskan, ada beberapa hal yang disampaikan kepada peserta sosialisasi antara lain pembagian kewenangan yang menjadi urusan pusat dan daerah yang menjadi obyek kerjasama, dengan memperhatikan bentuk kerjasama wajib maupun sukarela serta naskah kerjasama sekaligus dari sisi pembiayaannya. 

"Prakteknya nanti kerjasama daerah akan memanfaatkan sumber daya lokal secara sinergis serta meningkatkan kerjasama antar pelaku  dalam pengelolaan sumber daya ekonomi daerah," ujanya. (AOL/*) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved