Breaking News:

BTalk

BTalk, Syekh Muhammad Arsyad Albanjari Sosok Ulama dan juga Politikus Ulung

Acara BTalk Mengenal Politik dalam Pandangan Islam hadirkan Khairul Anam dari Uniska MAB dan Dr Datu Abie Audah yang merupakan pengamat politik Islam.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Acara BTalk bersama Kabiro Keislaman Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (Uniska MAB), H Khairul Anam SH MKes, dan pengamat politik Islam, Dr Datu Abie Audah, berbincang tentang Mengenal Politik dalam Pandangan Islam, dipandu jurnalis Banjarmasin Post, M Taufik, Kamis (28/10/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - BTalk. Ada yang berpendapat organisasi, ulama atau tokoh Islam tidak perlu berpolitik.

Hal ini akan menurunkan marwah mereka. Adapula yang berpendapat umat Islam harus berpolitik agar tidak terombang-ambing dan pemerintah berjalan sesuai syariah. 

Bagaimana Islam memandang politik? Hal ini dibahas pada BTalk Banjarmasin Post Bicara Apa Saja bersama Kabiro Keislaman Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (Uniska MAB), H Khairul Anam SH MKes, dan pengamat politik Islam, Dr Datu Abie Audah, Kamis (28/10/2021). 

Perbincangan yang sangat menarik ini mengangkat tema Mengenal Politik dalam Pandangan Islam. 

Baca juga: BTalk, Optimalkan Masa Keemasan Anak Menurut Dosen UM Banjarmasin Dyta Setiawati

Baca juga: BTalk, Cara Angkatan Muda Sabilal Muhtadin Kalsel Ajak Anak Muda Senang ke Masjid

Acara dipandu jurnalis Banjarmasin Post, M Taufik, dan akan ditayangkan live di Youtube Banjarmasin News Video, Instagram Banjarmasin Post dan FB BPost Online.

Dikatakan Khairul Anam, Ada pandangan bahwa politik itu kotor, namun dalam Islam politik itu tidak demikian. Dalam Islam, boleh berpolitik. 

“Dan kalau politik itu kotor, maka cara berpolitiknya menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan, ini yang menjadi stigma negatif,” ujarnya.

Dijelaskan, Islam menyebut politik dengan istilah Siyasah. Jika yang dimaksud politik adalah siyasah mengatur segenap urusan umat, maka Islam sangat menekankan pentingnya siyasah.

Baca juga: BTalk- Pemimpin Ponpes Darul Hijrah KH Zarkasyi Penerima Kalpataru 2021, Gerakan Cinta Lingkungan

Baca juga: Btalk - Deteksi Dini Darah Tinggi, Begini Penjelasan Dr Oldi Dedya SpPD FINASIM 

“Bahkan Islam sangat mencela orang-orang yang tidak mau tahu terhadap urusan umat,” tandas Khairul Anam dari Uniska MAB Kalsel ini.

Jika Siyasah diartikan sebagai orientasi kekuasaan, sesungguhnya Islam memandang kekuasaan hanya sebagai sarana menyempurnakan pengabdian kepada Allah. Tapi, Islam hanya menjadi sarana dalam masalah kekuasaan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved