Breaking News:

Berita HST

Pengunjung Plasa Murakata Barabai Makin Merosot, Pedagang Sebut Sejak Ada Portal

Sejumlah pemilik toko di Pusat Perbelanjaan Murakata Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah menyebut, pengujung kini kian merosot

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/hanani
Kondisi Plasa Murakata Barabai, di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kamis (28/10/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Sejumlah pemilik toko di Pusat Perbelanjaan Murakata Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah menyebut, pengujung kini kian merosot. Bahkan, saat ini puluhan toko tutup dan tak lagi menempati kawasan tersebut.

Mereka yang tokonya tutup, sebagian memilih buka toko di depan rumah masing-masing, sebagian berjualan secara online.

Pantauan banjarmasinpost.co.id, Kamis (28/10/2021 siang, pengujung di usat perbelanjaan itu emang terbilang sedikit.

“Tak hanya hari biasa seperti ini. Sabtu yang merupakan hari Pasar Barabaipun sepi,”ungkap Ifan, pedagang karpet dan gorden di Plasa Murakata Barabai.

Baca juga: Pusat Perbelanjaan Murakata Barabai Tak Terawat, Lantai 2 Pun Rusak Parah

Baca juga: Ramai Pengujung Malam Hari, Plasa Murakata Barabai Jadi Sasaran Operasi Yustisi

Menurutnya, merosotnya pengujung sudah terjadi sebelum pandemi covid-19.

“Sejak dipasang portal, kami merasakan pengujung kian berkurang. Ditambah lagi sekarang kondisi pandemi, makin sepi. Bahkan, sering seharian jaga toko, tak ada pembelinya,”kata Ifan.

Menurutnya, kondisi ini sangat berbeda sebelum dipasangi portal, pengujungnya cukup ramai.

Ifan mengatakan, tak menyalahkan portal, karena sistem portal sendiri sebenarnya membuat pengujung lebih hemat.

“Logikanya, saat masuk portal, sampai kita berbelanja seharian pun hanya dikenai tarif sekali masuk. Sebelum sistem portal, beda tempat, malah bayar parkir lagi. Saya sendiri tak habis pikir mengapa pengujung lebih ramai saat tak ada portal. Faktanya seperti itu,silakan tanya pedagang lain,”ungkapnya.

Dijelaskan pula, sejak pengujung sepi, banyak pedagang yang meninggalkan tokonya, dan berjualan di lokasi lain atau buka toko di depan rumah masing-masing.

Diakui pula, kondisi saat ini membuat para pedagang tak bersemangat membuka toko. Namun, karena harus mencari nafkah, kondisi apapun harus dihadapi.

Pusat Perbelanjaan Murakata, atau biasa disebut Plasa Murakata didominasi toko pakaian jadi. Namun, ada pula toko optic atau kacamata, toko bahan gorden dan karpet, pecah belah hingga kosmetik, sepatu dan sembako.

Baca juga: Geger Api di Plasa Murakata Barabai, Pedagang Berhasil Padamkan Sendiri

Untuk dibangunan kedua, di antara jalan Pasar III dan Pasar II, pertokoannya juga didominasi pakaian jadi. Tersedia pula toko bahan kain, pecah belah, sembako, toko jam, toko buku, hingga toko emas.

Sedangkan untuk kebutuhan sayur-sayuran, buah-buahan, Ikan, dan ayam khusus di tempatkan di Pasar Keramat Barabai jalan Pasar Hanyar. (banjarmasinpost.co.id/hanani).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved