Breaking News:

Tajuk

Bangkit Ekonomi Banua

Perekonomian menggeliat di Bumi Lambung Mangkurat ditandai berbagai indikator positif yang menjadi pertanda kondisi mulai pulih.

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID - PEMBERLAKUAN Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut dalam beberapa pekan terakhir. Hampir beberapa pekan itu pula, geliat kehidupan di berbagai kota di Tanah Air, tak terkecuali Banjarmasin kalimantan Selatan dan sekitarnya, mulai terasa hingga ke urat nadi.

Pandemi Covid-19 memang belum berakhir. Meski ada sebagian Rumah Sakit di Banjarmasin yang Nol pasien Covid-19, tetap saja tetap menjaga penuh protokol kesehatan dengan menerapkan 5M.

Perekonomian yang mulai menggeliat di Bumi Lambung Mangkurat ditandai berbagai indikator positif yang menjadi pertanda pula, kondisi sudah mulai pulih.

Berbagai sektor kehidupan juga mulai berdenyut. Satu di antara menggeliatnya perekonomian Bumi Lambung Mangkurat, kemacetan terajdi di mana-mana setiap jam sibuk, baik itu pagi berangkat bekerja atau sekolah maupun sore pulang bekerja. Jam-jam sibuk ini, seakan tak ada lagi tempat luang untuk bersantai. Semua sibuk dan penuh kemacetan.

Indikator lainnya, di berbagai fasilitas umum seperti taman bermain, wisata serta perhotelan atau pesta perkawinan atau hajatan, sudah mulai membuka diri. Pengunjung pun berjubel seakan sudah lama menantikan waktu-waktu bersantai seperti ini.

Tak hanya itu, sejumlah pusat perbelanjaan baik pasar maupun mal, turut dipadati masyarakat yang ingin memanjakan matanya. Atau hanya sekadar berbelanja kebutuhan pokok serta keperluan ruman tangga.

Belum lagi dari sisi perindustrian rumah tangga baik skala kecil maupun besar. Usaha Kecil Menengah (UKM) juga turut membuka sayapnya untuk mulai bangkit setelah selama pandemi sulit mengembangkan diri serta memperjualbelikan produknya.

Pusat hiburan, permainan serta kuliner juga tak tinggal diam. Mereka mulai menata kembali bisnisnya setelah terdampak pandemi yang begitu lama, hampir dua tahun.

Para pebisnis ini membuka lowongan pekerjaan untuk berbagai keahlian yang bisa ditempatkan dimana mereka bisa lebih mengembangkan bisnis mereka.

Semua itu pertanda, perekonomian Kalimantan Selatan khususnya Banjarmasin mulai bangkit. Bangkit dari keterpurukan setelah hampir dua tahun terakhir ini sangat terdampak pandemi Covid-19.

Tentu, bangkitnya semua sektor perekonomian masyarakat, terutama dari masyarakat kecil tak berarti apa-apa jika tak mendapat dukungan serta motivasi dari pihak terkait, terutama penentu kebijakan.

Sudah sewajarnya, baik itu UKM, pengelola hotel, pemilik usaha kuliner, pebisnis wisata, pebisnis hiburan serta permainan maupun pusat perbelanjaan, mendapat sokongan motivasi dari pemerintah serta pihak terkait.

Hal ini sebagai bentuk peduli pihak terkait akan keberlangsungan jalannya perekonomian Bumi Lambung Mangkurat dari berbagai kalangan, dari yang kecil hingga menengah ke atas. Semua bisa bersatu padu membangun Banua kembali ke maasa depan yang lebih baik.

Setidaknya, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, membuat langkah masyarakat Kalsel semakin mantap menuju era digitalisasi dengan tetap menjunjung tinggi kesejahteraan rakyat.

Semoga perekonomian Banua tetap terus berjalan dan lebih maju dari sebelum pandemi Covid-19 melanda seiring dengan semakin menurunnya tingkat penderita Covid-19 hingga musnah di permukaan bumi ini. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved