Breaking News:

Kuliner

Cuma Rp 5.000, Dapatkan Kuliner Lezat Gosambih di Kalsel, Ini Tiga Lokasi Outletnya

Gosambih adalah akronim dari sego (nasi) sambal dan bihun.  Menu ini yang menjadi andalan dan memang citarasanya patut diacungi jempol

Penulis: Salmah | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/salmah saurin
Cuma Rp 5.000 dapatkan kuliner lezat Gosambih. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Satu lagi tempat makan di Banjarmasin dan Kabupaten Banjar yang murah dan bikin Anda kenyang. Gosambih, itulah tempat makan yang bisa jadi pilihan jika perut lapar. 

Gosambih adalah akronim dari sego (nasi) sambal dan bihun.  Menu ini yang menjadi andalan dan memang citarasanya patut diacungi jempol. Apalagi harganya sekelas angkringan, terjangkau kantong.

Arif Wibowo, owner Gosambih, memaparkan, saat ini Gosambih hadir di tiga lokasi yaitu outlet utama di kawasan Jl Ahmad Yani Km7, Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar.

Kemudian di area kantin kantor Banjarmasin Post Group, Jl AS Musyafa, Banjarmasin dan outlet ketiga di Jl Cemara Raya dekat ATM BNI sebelum simpang empat cemara, Kayutangi, Banjarmasin.

Baca juga: Kuliner Kalsel, Menu di Kampung Pelangi Banjarbaru Harganya Murah Meriah

Baca juga: Buka Wawasan Kuliner Melalui Lomba Masak di Hotel Grand Dafam Q Banjarbaru

“Gosambih berawal dari Yogya sejak 2018. Menu utamanya ya sego sambal bihun tersebut. Nasinya istimewa karena dimasak dengan treatment khusus, bihunnya juga khas dan sambalnya juga mantap,” ujarnya.

Arif meramu menu Gosambih berdasar resep keluarga yaitu dari neneknya, Mbah Moeh.

Sang nenek punya pengalaman panjang dalam memasak. Pada 1940 sang nenek menjadi juru masak tentara hingga kemudian buka usaha warung makan di Yogya.

“Nenek saya, bapak saya, punya usaha kuliner. Tapi urusan resep saya banyak belajar langsung dari nenek karena saat kecil suka main di dapur beliau dan diajari resepnya,” ungkap Arif.

Saat buka usaha Gosambih pada 2018 di Yogya, perkembangannya lumayan bagus hingga buka lima outlet. Namun seiring pandemi corona usaha itu tutup karena mahasiswa yang menjadi pelanggan utama banyak pulang ke daerah masing-masing dan wisatawan juga menurun karena industri pariwisata banyak yang setop.

“Saya lihat di Banjarmasin untuk usaha kuliner sangat prospektif. Kemudian sejak setahun lalu Gosambih saya buka di sini. Syukurlah berkembang hingga tiga outlet ini,” papar Arif.

Dengan harga Rp5000 untuk Gosambih terdiri nasi, bihun, oseng tempe dan sambal, sudah dapat makanan enak. Kalau mau tambah lauk juga boleh dan ada beberapa pilihan.

Bagi yang suka pedas ada lauk balado macam ayam, pindang, cumi, tongkol. Kalau mau gorengan ada empal jagung, tempe mendoan, tahu isi. Adapula sate bacem, hati ampela, cumi, telur puyuh.

Baca juga: VIDEO Kuliner Kalsel, Tahu Tek dan Es Kelapa Muda Murah Meriah Mulai Rp5 Ribu per Porsi

Lalapannya ada ayam lalapan sambal matah, ayam lalapan sambal terasi mentah, ayam bakar, telur gobal gabul dan kepala ayam. Menu lainnya juga ada ayam kentucky, nasi bakar Gosambih, ayam geprek.

Nah silakan Anda mampir ke Gosambih. Untuk di Jl Ahmad Yani Km7 dan kantin BPost buka pukul 07.00 sampai 16.00 sedangkan di Cemara, Kayutangi, mulai pukul 10.00 sampai 22.00 Wita. 

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved