Breaking News:

Banjir di Kalsel

Banjarmasin dan HSS Siaga Banjir

Memasuki awal November 2021, Pemko Banjarmasin mulai menetapkan status siaga banjir.

Editor: Syaiful Akhyar
BANJARMASINPOST.CO.ID/EKA PERTIWI
Wilayah yang kebanjiran, beberapa waktu lalu, di Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Memasuki awal November 2021, Pemko Banjarmasin mulai menetapkan status siaga banjir.

Beberapa hari terakhir intensitas hujan di Kota Seribu Sungai memang terbilang tinggi bahkan ekstrem.

“Ini sudah memasuki musim hujan. Kemudian dari laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memang curah hujan sangat tinggi,” ujar Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, saat ditemui di lobi Balai Kota, Senin (1/11) siang.

Status siaga tersebut, menurut Ibnu, bisa saja meningkat menjadi waspada hingga darurat. Apalagi berkaca pada banjir bandang awal 2021.

Baca juga: Tasyakuran Peluncuran Single System, BSI Tembus Rekor Muri Pemotongan 1.300 Tumpeng Kue Tradisional

Baca juga: Waspada Bencana Akhir Tahun

Baca juga: Bapenda Tanahlaut Perluas Cakupan Pemakaian Alat Rekam Data Transaksi Pembayaran Pajak

“Kami sudah melakukan pembangunan-pembangunan saluran air kemudian drainase dan sudah dalam tahap finishing. Dan kegiatan normalisasi sungai pun sudah dijalankan,” katanya.

Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) juga menetapkan status siaga banjir, tanah longsor, dan puting beliung. Bahkan, pada 27 Oktober 2021, digelar apel kesiapsiagaan di Lapangan Lambung Mangkurat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSS, Syamsudin, Senin, mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan personil, perlengkapan dan peralatan.

Posko siaga bencana juga dibentuk di seluruh kecamatan. Pasar Kandangan lantai 2, Gedung GOS serta sejumlah bangunan lainnya disiapkan untuk lokasi pengungsian.

Persiapan juga dilakukan BPBD Kabupaten Banjar. Kepala

Bidang Kedaruratan dan Logistik, Yayan Hidayat, mengatakan pihaknya telah melakukan rapat koordinasi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved