Breaking News:

Bumi Murakata

Dukung Wisata Daulat Pangan, Bupati HST Kunjungi Puncak Titian Musang

Bupati HST, H Aulia Oktafiandi mendukung wisata alam Puncak Titian Musang (Putimus) di Papagaran, Desa Patikalain, Kecamatan Hantakan

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo
Pokdarwis Datar Bunglai
Bupati HST Aulia Oktafiandi berfoto di salah satu spot di Puncak Titian Musang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi mendukung wisata alam Puncak Titian Musang (Putimus) di Papagaran, Desa Patikalain, Kecamatan Hantakan, menjadi wisata daulat pangan.

Dukungan tersebut diberikan dengan berkunjung ke objek wisata baru yang dikelola Pokdarwis Datar Bunglai dibawah binaan Serikat Petani Indonesia HST, Senin 1 Nopember 2021.

Kunjungan Bupati didampingi Plt Sekda HST, yang juga Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata HST H Muhmmad Yanim serta SKPD terkait lainnya.

Aulian menyatakan, mendukung Pokdarwis yang mengangkat basis pertanian dan kearifan lokal sebagai potensi wisata. Bahkan, bupati juga menandatangani prasasti Putimus dan meresmikannya sebagai Wisata Daulat Pangan.

Bupati pun meminta dinas terkait bisa mengerahkan sumber dayanya dalam rangka mendukung pengembangan objek wisata tersebut.

Bupati HST bersama Plt Sekda saat berkunjung ke Puncak Titian Musang.
Bupati HST bersama Plt Sekda saat berkunjung ke Puncak Titian Musang. (Pokdarwis Datar Bunglai)

Menurut Bupati, Pemkab HST berkomitmen membangun Banua dengan memaksimalkan potensi yang ada tanpa merusak lingkungan.

Salah satunya dengan mengembangkan sektor wisata. Aulian pun mengatakan, Pemkab sudah merencanakan perbaikan infrastruktur menuju Desa Patikalain.

“Mulai tahun depan, mulai dianggarkan perbaikan infrastruktur menuju wisata ini. Apalagi, kami sudah merasakan bagaimana kondisi jalan dan jembatan yang dilewati ke desa ini,”katanya.

Peresmian Putimus sebagai wisata Daulat Pangan, dilakukan dalam rangka Hari Pangan se -dunia.

Biro Kominikasi SPI Kalsel, yang juga pembina Pokdarwisa Datar Bungkai, Reza Fahlipi mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan masyarakat Papagaran, mendesain segala potensi alam berbasis pangan dan beragam kearifan lokal, serta mengeksplore keindahan alam Pegunungan Meratus menjadi objek wisata yang menarik.

Adapun wisata berbasis pangan, meliputi ladang beras buyung, ubi ungu, pisang, cabe, dan beragam tanaman pangan lainnya.

“Tentunya, dengan beragam tanaman bangan tersebut sudah bisa mencukupi kebutuhan mendasar masyarakat setempat,”katanya.

Bupati HST menikmati Keindahan puncak Titian Musang.
Bupati HST, Aulia Oktafiandi menikmati Keindahan puncak Titian Musang. (Pokdarwis Datar Bunglai)

Kearifan lokal sistem pertaniannya, cara memasak masyarakat dayak dengan mahumbal dan mamalan pun dapat dipesan dan disajikan kepada wisatawan.

“Jadi kami Kelola Putimus tak hanya menyajikan keindahan alamnya. Tapi juga pemanfaatan berbagai potensi berbasis pertanian sebagai angkah awal menjadi kawasan daulat pangan,  sebagai  kebutuhan primer. Kami siap menyediakan ruang untuk dinas-dinas terkait yang ingin turut memberikan percontohan tanaman pangan sebagai etalase lahan binaan dinas di tempat ini,”pungkasnya. (AOL)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved