Breaking News:

PT PLN Persero UP2B Kalimantan

Pemindahan Kabel FO ADSS Link GI Satui - GI Asam-Asam ke Tower ERS

Pemindahan kabel ini dilakukan untuk menjaga keandalan jaringan telekomunikasi khususnya pada link GI Satui – GI Asam Asam.

Editor: Eka Dinayanti
PT PLN (Persero) UP2B Kalimantan
Pemindahan kabel ini dilakukan untuk menjaga keandalan jaringan telekomunikasi khususnya pada link GI Satui – GI Asam Asam 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Senin, 1 November 2021, tim Telekomunikasi PT PLN (Persero) UP2B Kalimantan Regional Control Center Kalimantan Selatan telah melaksanakan pekerjaan pemindahan Kabel Fiber Optik ADSS link GI Satui - GI Asam-Asam ke Tower ERS (Emergency Restoration System).

Pemindahan kabel ini dilakukan untuk menjaga keandalan jaringan telekomunikasi khususnya pada link GI Satui – GI Asam Asam.

Nah sebelum kita lanjutkan, electrizen sudah tahu belum apa itu kabel ADSS? Kabel ADSS adalah jenis kabel optik yang tidak mengandung elemen logam konduktif.

Kabel ini digunakan sebagai media komunikasi yang dipasang di sepanjang saluran transmisi.

Ada banyak keuntungan menggunakan kabel fiber ADSS ini.

Selain berat keseluruhan dan diameter kabel kecil yang melegakan menara dan tiang, kabel ini juga menggunakan selubung polietilen yang akan melindungi kabel dari efek korosif.

Struktur non-logam kabel ADSS memungkinkannya menjadi anti-petir.

Dan benang aramid membantu kabel memiliki kinerja tarik dan kinerja suhu yang baik di bawah cuaca ekstrim. Umur maksimum kabel serat ADSS bahkan bisa mencapai tiga puluh tahun.

Berkolaborasi dengan PT Indonesia Comnets Plus Kantor Perwakilan Kalimantan Selatan, pekerjaan ini dilakukan sebagai mitigasi PT PLN (Persero) UP2B Kalimantan terhadap posisi tower SUTT eksisting yang bertegangan 150 kV berdekatan dengan posisi galian tambang.

Pekerjaan ini merupakan upaya preventif untuk mencegah tanah pondasi tower mengalami erosi. Di samping itu, pekerjaan ini juga diawasi langsung oleh Bapak Kuncoro Suryokusumo selaku Manager PT PLN (Persero) UP2B Kalimantan.

“Upaya ini kami lakukan dengan harapan bahwa pekerjaan preventif ini dapat mencegah kendala supply tenaga listrik ke kabupaten tanah bumbu, terutama dalam hal telekomunikasi link GI Satui – GI Asam Asam yang akan berimbas pada sistem interkoneksi Kalimantan”, ujar beliau pada kesempatan kali ini. (aol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved