Breaking News:

Yayasan Adaro Bangun Negeri

AMC Perkuat Kapasitas BUMDes Binaan Melalui Pelatihan Pertanian Terpadu di Klaten Jateng

Adaro Metcoal Companies (AMC) kirim pengurus BUMDes binaan ikuti pelatihan magang pertanian terpadu di Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Editor: Syaiful Akhyar
Yayasan Adaro Bangun Negeri
AMC Perkuat Kapasitas BUMDes Binaan melalui pelatihan pertanian terpadu di Kabupaten Klateng 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Adaro Metcoal Companies (AMC) melalui anak perusahaannya PT Maruwai Coal  mengirim delapan pengurus Badan Usaha Milik Desa binaan di wilayah operasionalnya untuk mengikuti pelatihan dan magang pertanian Terpadu di Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Hal ini sebagai wujud  sinergitas yang dibangun AMC sejak  2019 dan memperkuat kapasitas  BUMDes Batu Batuah maupun BUMDes Penda Siron Jaya di Kecamatan Barito Tuhup Raya maupun Kecamatan Laung Tuhup , Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah.

Sekaligus untuk mewujudkan program pertanian terintegrasi partisipatif dengan menjadikan BUMDes  sebagai salah satu Pusat Pengembangan Pertanian Terpadu berorientasi Agrobisnis dan Agrowisata di dua kecamatan tersebut.

Sri Armiyati Jarkasi selaku Comdev Section Head AMC mengatakan para pengurus BUMDES menjalani pelatihan dan magang pertanian terpadu di PT Kepurun Pawana Indonesia.

AMC Perkuat Kapasitas BUMDes Binaan melalui pelatihan pertanian terpadu di Kabupaten Klateng Jateng
AMC Perkuat Kapasitas BUMDes Binaan melalui pelatihan pertanian terpadu di Kabupaten Klateng Jateng (Yayasan Adaro Bangun Negeri)

"Kita berharap ada transfer pengetahuan  terkait pengelolaan pertanian terpadu yang kini digeluti kedua BUMDes," jelas Sri Armiyati yang akrab disapa Mimi.

Masing - masing BUMDes Batu Batuah dengan  budidaya tanaman nilam dan vanili  serta usaha budidaya tanaman holtikultura oleh BUMDes Penda Siron Jaya.

Mimi berharap pelatihan ini bisa mengembangkan  usaha yang digeluti BUMDes makin maju, mandiri dan modern.

Termasuk membentuk pengurus BUMDes agar menjadi motor penggerak, motivator dan fasilitator bagi desanya masing-masing dalam menciptakan lapangan kerja yang terjangkau hingga terwujud kemandirian ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat.

Selanjutnya untuk mewujudkan pertanian yang  berkelanjutan  perlu terobosan dan inovasi khususnya  kapasitasi SDM pengurus bumdes tentang tata kelola SDA  yang dapat dimanfaatkan dalam  bidang pertanian secara terpadu agar semua siklus proses dapat digunakan secara efektif dan efisien.

Dari pelatihan tersebut pihak BUMDes mendapatkan ilmu tentang sistem pertanian terintegrasi mulai dari proses budidaya, pengolahan minyak hingga analisis usaha perkebunan minyak atsiri.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved