Breaking News:

Berita Kotabaru

Kebakaran di Kalsel, Rumah Membara di Tarjun Kotabaru Saat Ditinggal Penghuni ke Ladang

Kebakaran di Kalsel. Tujuh rumah terbakar di Desa Tarjun Kotabaru, empat hangus dan tiga rusak. Api dari rumah kosong ditinggal penghuni ke ladang.

Penulis: Herliansyah | Editor: Alpri Widianjono
DAMKAR KABUPATEN KOTABARU
Kebakaran di Kalsel. Petugas di lokasi musibah, Desa Tarjun, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (6/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - kebakaran di Kalsel. Api berkobar di Dusun Satu RT 01, Desa Tarjun, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Musibah yang terjadi saat Sabtu (6/11/2021) sekitar pukul 14.30 Wita itu terungkap.  

Jago merah yang melalap tujuh bangunan tersebut bermula dari rumah seorang warga bernama Dasri alias Dadas.

Rumah diduga menjadi sumber asal api, ketika keadaan kosong ditinggal pemilik ke ladang. Penyebab munculnya api masih dalam penyelidikan kepolisian.

Baca juga: Kebakaran di Kotabaru, Tujuh Rumah di Desa Tarjun Dilalap Api, Aula Kantor Desa Turut Terbakar

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kotabaru, Akhmad Rajuddinor, melalui Kabid Pengendalian dan Penyelamatan, Addenan, mengatakan, hasil pendataan sementara ada 7 rumah.

Rinciannya, empat rumah mengalami kerusakan hingga 100 persen, yaitu milik Aspar, Dadas, Yudi dan Asliyah. Sedangkan tiga rumah lainnya masing-masing milik Juma, Budiarti dan Adenansyah.

Menurut Addenan, selain membakar rumah, api juga melalap bangunan gedung serbaguna dan aula kantor desa.

"Gedung serbaguna kerusakannya sekitar 30 persen dan aula kantor desa sekitar 5 persen," sebutnya, Sabtu (6/11/2021) petang, seraya menambahkan tidak ada korban jiwa.

Baca juga: Penjual BBM Eceran di Kabupaten Kotabaru Ditemukan Dalam Keadaan Meninggal

Baca juga: Tim Penyelamatan Damkar Kotabaru Lepasliarkan Burung Elang yang Ditangkap Warga di Sungaitaib

Api berkobar mulai pukul 14.30 Wita dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.00 Wita.

"Petugas pemadam terjun ke lokasi sekitar 20 orang dari PT Indocement Tunggal Prakarsa (PT ITP) dan PT Smart, dibantu warga," jelasnya.

Di lokasi musibah, turut terlibat dalam pertolongan adalah dari polsek, puskesmas dan BPBD.

Kebakaran di Kalsel. Amuk api merusak tujuh rumah di Desa Tarjun, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (6/11/2021).
Kebakaran di Kalsel. Amuk api merusak tujuh rumah di Desa Tarjun, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (6/11/2021). (DAMKAR KABUPATEN KOTABARU)

Armada yang digunakan untuk memadamkan api, mobil pemadam dua buah, dua mobil tanki air dari PT ITP, mobil pemadam PT Smart 1 buah dan 1 buah dari BPBD, serta 2 buah ambulans dari puskesmas dan PT Smart Tarjun.

"Kerugian ditaksir sekitar ratusan juta rupiah," tutup Addenan.

(Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved