HSU Mantap

KPID Kalsel Sosialisasikan Migrasi TV Analog ke TV Digital di Kabupaten HSU

Bupati Hulu Sungai Utara, Abdul Wahid, menerima kunjungan rombongan KPID Kalsel yang menyosialisasikan migrasi dari tv analog ke tv digital.

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono
PEMKAB HSU
Bupati Hulu Sungai Utara, Abdul Wahid (baju kuning), saat menerima kunjungan jajaran Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kunjungan dan silaturahmi dengan Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Abdul Wahid.

Dalam kunjungan, KPID ingin melakukan koordinasi dengan pimpinan daerah untuk menyosialisasikan Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020 terkait migrasi dari Tv analog ke Tv digital. 

"Tupoksi dari KPID adalah regulasi pengawasan dan pembinaan. Dengan adanya undang-undang ini adalah PR kita bersama. KPID tidak bisa sendiri, harus bersama pemerintah daerah untuk menyukseskan Undang-Undang Cipta Kerja ini dan sesuai dengan harapan kita semua," ungkap Azhari Fadli, Ketua KPID Kalimantan Selatan.

Bupati Hulu Sungai Utara, Abdul Wahid (baju kuning), didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dan Kabid IKP Diskominfo, diskusi dengan jajaran Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).
Bupati Hulu Sungai Utara, Abdul Wahid (baju kuning), didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dan Kabid IKP Diskominfo, diskusi dengan jajaran Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). (PEMKAB HSU)

Selain itu, Azhari bersama tim juga menjelaskan kepada Bupati HSU bahwa untuk migrasi ke siaran TV digital, masyarakat cukup menambahkan perangkat Set Top Box (STB) jenis DVB-T2.

Set Top Box jenis DVB-T2 inilah yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara hingga bisa tertayang ke televisi lama. 

Harga satu unit STB untuk mengubah tv analog menjadi tv digital berdasarkan harga di e commerce mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 600 ribu dan seterusnya.

Bupati Hulu Sungai Utara, Abdul Wahid (baju kuning), foto bersama dengan jajaran Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).
Bupati Hulu Sungai Utara, Abdul Wahid (baju kuning), foto bersama dengan jajaran Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). (PEMKAB HSU)

Analog switch off (ASO) direncanakan menjadi 3 tahap, yaitu dimulai akhir April 2022, kemudian akhir Agustus 2022 dan awal November 2022, sesuai arahan dari Kemenkominfo Johnny G. Plate 

Turut hadir dalam kunjungan KPID ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika HSU, Kabid IKP Diskominfo HSU. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved