Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Pasokan Ikan Laut Mulai Meningkat di Banjarmasin, Harga Per Kilogram Mulai Turun

Di pasaran di Banjarmasin, Kalsel, stok ikan melimpah. Harga tongkol Rp 30-Rp 35 ribu per kg, peda Rp 35 ribu, pindang Rp 20 ribu, sarden Rp 20 ribu.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Ikan yang dijual pedagang di Pasar Antasari, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (6/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ikan laut merupakan salah satu lauk yang banyak digemari masyarakat, apalagi harganya di pasaran mulai turun sehingga daya beli mereka kian meningkat.

Di pasaran di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), harga tongkol Rp 30-Rp 35 ribu per kilogram, peda Rp 35 ribu, pindang Rp 20 ribu dan sarden Rp 20 ribu. 

Harga di atas memang turun Rp 10-15 ribu jika dibandingkan harga sebelumnya, terutama saat tangkapan ikan nelayan sedikit.

Seperti yang dikatakan Dahlan, pedagang ikan di Pasar Antasari, Banjarmasin, sepekan terakhir ini pasokan ikan laut mulai banyak. Harganya pun mengalami penurunan. 

"Biasanya kalau pasokan di pasaran banyak, berarti tangkapan hasil laut para nelayan sudah kembali membaik," ujarnya, Sabtu  (6/11/2021).

Baca juga: Perekonomian Kalsel Meningkat 3,62 Persen, Simak Analisa Pengamat Ekonomi ULM Agar Terus Terdongkrak

Baca juga: Hidupi Keluarga Dari Jual Jajanan Bakaran, Pemuda Banjarbaru Ini Punya Omzet Rp 500 Ribu Per Hari

Meski demikian permintaan ikan laut masih seperti biasa karena memang pilihan ikan banyak. Hanya saja saat harga lebih murah pelanggan yang biasa beli cuma setengah kilogram, jadi beli satu kilogram.

"Saat pasokan ikan banyak, saya bawa ikan sampai 50 kilogram. Kalau harga jual murah, bisa habis terjual," tandasnya.

Hal yang sama juga diakui Amat, jualan ikan lautnya cukup laris manis karena harganya relatif lebih terjangkau bagi pelanggan. 

"Kalau harga ikan murah permintaan lumayan bagus. Apalagi saat ini harga ayam masih lumayan tingga jadi pelanggan rumah tangga pilih beli ikan," ujar Amat.

Sedangkan penuturan Yuliana, pedagang kuliner, mengungkapkan, mulai banyaknya ikan laut di pasaran, tentunya sangat menggembirakan. Sebab, tidak bingung memilih menu untuk dijual.

Baca juga: Harga Telur Ayam Ras di Kalsel Naik Rp 1.000 Per Kilogram

Baca juga: Kalsel PPKM Turun Level, Bisnis EO Bangkit Menggeliat, Berharap Pandemi Covid-19 Bisa Dikendalikan

"Selain itu keuntungan akan lebih membaik dari pada saat harga ikan tinggi yang hanya akan mendapatkan untung sangat tipis," ceplosnya.

Menurutnya saat harga ikan naik akan sulit untuk menaikkan harga jual makanan. Tapi kalau harga ikan lagi murah, maka bisa memberikan pemasukan yang lumayan.

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved