Breaking News:

Berita Kaltim

Dikawal Ketat, Tiga Bandar Narkoba dari Lapas Balikpapan Dipindahkan ke Nusakambangan

Tiga narapidana berinisial NS, YB, dan FR asal Lapas Klas IIA Balikpapan dipindahkan ke Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah

Editor: Hari Widodo
HO/LAPAS KLAS IIA BALIKPAPAN
Tiga narapidana berinisial NS, YB, dan FR asal Lapas Klas IIA Balikpapan dipindahkan ke Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (5/11/2021) lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BALIKPAPAN - Dibawah pengawalan ketat aparat keamanan Tiga narapidana berinisial NS, YB, dan FR asal Lapas Klas IIA Balikpapan dipindahkan ke Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (5/11/2021) lalu.

Ketiga narapidana tersebut merupakan bandara peredaran narkoba di Kaltim.

Pemindahan dipimpin Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Kanwil Kaltim, Jumadi, beserta Kalapas Klas IIA Balikpapan dan pejabat lainnya.

Melalui keterangan tertulisnya, Jumadi menjelaskan, pemindahan narapidana tersebut adalah untuk mendapatkan binaan lanjutan.

Baca juga: Dipindah ke Nusakambangan, Dua Napi Kasus Narkoba Kalsel Ini Ternyata Mantan Pegawai Lapas

Baca juga: Narkoba Kalsel, Petugas Polres Tabalong Temukan Sabu di Rumah Bandar Narkoba yang Kabur

"Pemindahan narapidana ke Lapas Nusakambangan tersebut merupakan komitmen Pemasyarakatan untuk memutus mata rantai peredaran gelap narkoba," ujar Jumadi, melalui keterangan tertulisnya.

Disamping itu, lanjut dia, pemindahan narapidana juga sebagai bentuk pencegahan adanya gangguan keamanan dan ketertiban di dalam lapas.

Menurut Jumadi, langkah itu terus diinternalisasikan Kemenkumham kepada seluruh jajaran. Baik pimpinan tertinggi hingga pelaksana di lapangan.

Dimintai keterangan, Kalapas Klas IIA Balikpapan, Pujiono Slamet menjelaskan, pada praktiknya sebelum dipindahkan, mereka digeledah hingga benar-benar dipastikan steril.

Baca juga: Oknum Anggota DPRD Palembang Jadi Bandar Narkoba, 5 Kg Sabu & Ribuan Pil Ekstasi Ditemukan Polisi

"Tujuannya untuk memastikan mereka bebas dari barang terlarang," ujar Pujiono, Minggu (7/11/2021).

Kata dia, pemindahannya pun dikawal ketat bahkan melibatkan 3 personel dari Polresta Balikpapan dan 4 petugas dari Lapas Klas IIA Balikpapan itu sendiri. "Jadi, intinya, mereka dipindah untuk dibina," tutur Pujiono. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Tiga Bandar Narkoba dari Lapas Klas IIA Balikpapan Dipindahkan ke Nusakambangan, Ini Alasannya

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved