Berita Banjarmasin

Banjarmasin Berstatus Siaga Banjir, Begini Sejumlah Persiapan BPBD Tangulangi Bencana

Sebagai langkah antisipasi, Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah mulai melakukan persiapan.

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/muhammad rahmadi
proses evakuasi korban terdampak banjir, oleh BPBD Kota Banjarmasin, di Jalan Melati Indah Pramuka, Banjarmasin. Sabtu (16_01_2021) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan saat ini megalami bencana banjir, seperti di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Tapin.

Sebagai langkah antisipasi, Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah mulai melakukan persiapan.

Di antaranya yakni, selalu siaga memantau perkembangan cuaca dari berbagai macam sumber.

"Dari sisi personal kami memiliki Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops), yang setiap saat selalu memantau perkembangan cuaca, misal dari BMKG, stasiun yang di syamsudin noor dan pihak-pihak lain," kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Banjarmasin, Fahruraji, Senin (8/11/2021).

Baca juga: Terpilih Ikuti Program Pertukaran Pemuda antar Negara, Begini Cerita Gadis Banjarmasin Lolos Seleksi

Baca juga: Masih Bersisa, Satpol PP Banjarmasin Bongkar Sejumlah Kios Depan BTC Terminal Km6 Banjarmasin

Kemudian juga Kalak menjelaskan, personel BPBD Kota Banjarmasin saat ini telah diperkuat dengan ratusan relawan yang tersebar di lima kecamatan.

Relawan tersebut tentunya akan membantu personel Pusdalops BPBD Kota Banjarmasin bertugas, di posko-posko penampungan warga terdampak banjir.

"Berkaca dari pengalaman banjir di awal tahun 2021 lalu, kami sudah memiliki catatan untuk tempat-tempat evakuasi, penampungan. Kemudian juga bagaimana penanganan terhadap warga-warga yang terdampak banjir," jelasnya.

Selain itu juga dalam waktu dekat, BPBD Kota Banjarmasin bakal melaksanakan sosialisasi pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana.

Baca juga: Satresnarkoba Polres Tapin Sosialisasi P4GN di Kodim 1010 Tapin, Sinergi TNI Polri Berangus Narkoba

Baca juga: Nelayan Tanahlaut Dilatih Buat Peta Daerah Penangkapan Ikan di Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM

Perdana kegiatan pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana tersebut dimulai, di Kelurahan Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur.

Pesertanya sendiri yakni para ketua Rt dan beberapa warga, dengan harapan bisa menyampaikan hasil sosialisasi kepada warga lainnya.

"Kami ingin mengedukasi masyarakat, bagaimana cara menyikapi bila sewaktu-waktu terjadi bencana banjir," ujarnya.

( Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved