BTalk

VIDEO BTalk, Cegah dan Atasi Asam Urat Diuraikan Wadir RS Islam Banjarmasin dr Meldy

Wadir RS Islam Banjarmasin Meldy sebut asam urat terasa nyeri di sendi konsumsi, mencegahnya dengan makanan rendah purin dan banyak minum air putih.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Seputar asam urat dipaparkan dr H Meldy Muzada Elfa SpPD Finasim, Wakil Direktur (Wadir) RS Islam Banjarmasin, pada program BTalk yang dipandu jurnalis Banjarmasin Post, Kurniawan, Selasa (9/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Asam urat menjadi salah satu keluhan yang umum terjadi pada sebagian orang. Lantas apa penyebab dan bagaimana mengobati serta mencegahnya.

Seputar asam urat ini dipaparkan oleh dr H Meldy Muzada Elfa SpPD Finasim, Wakil Direktur (Wadir) RS Islam Banjarmasin pada program BTalk Banjarmasin Post Bicara Apa Saja, Selasa (9/11/2021) pukul 16.00 Wita.

Acara yang dipandu jurnalis Banjarmasin Post, Kurniawan, ini ditayangkan live dan bisa disimak ulang di kanal Youtube Banjarmasin News Video, Instagram Banjarmasin Post dan Facebook BPost Online.

Dijelaskan dr Meldy asam urat adalah zat yang terbentuk ketika tubuh memecah purin atau senyawa alami. Purin ini juga dapat ditemukan di berbagai makanan dan minuman.

"Dalam kondisi normal, zat asam urat ini larut dalam darah dan diproses kemudian dikeluarkan oleh ginjal dalam bentuk urine (air kencing)," jelasnya.

Baca juga: BTalk - Membiasakan Anak Disiplin Tanpa Paksaan

Baca juga: BTalk, Tips Dosen Ilmu Gizi Stikes Husada Borneo Kalsel Ini Mengenai Gizi Seimbang

Masalahnya adalah kadar asam urat di tubuh rendah atau tinggi. Jika kadarnya melebihi normal atau di atas angka 6, maka akan menumpuk ke dalam sendi dan membentuk kristal yang disebut monosodium urat yang menjadikan peradangan, kemerahan dan nyeri.

"Jadi asam urat adalah hal yang wajar dalam tubuh. Masalah muncul ketika kadarnya melebihi batas normal," jelasnya. Pernah terjadi kadar asam urat itu di atas 8, ada yang suda 10 bahkan 12 yang tergolong parah," beber dr Meldy.

Peradangan asam urat biasanya menyerang lelaki dibanding perempuan, secara perbandingan 1:4. Kemudian terjadi pada usia produktif 30-40 tahun yang biasanya karena suka mengonsumsi makanan tinggi purin

Bagi yang berusia 60 tahun misalnya karena penyakit kencing manis yang menyebabkan gangguan ginjal sehingga kadar asam uratnya tinggi.

Sedangkan pada anak, jarang terjadi. Kalaupun ada, biasanya karena gangguan genetik atau keturunan dari orangtua yang punya riwayat asam urat tinggi.

Mencgah dan juga mengatasi asam urat diuraikan Wakil Direktur (Wadir) RS Islam Banjarmasin, dr H Meldy Muzada Elfa SpPD Finasim, pada program BTalk yang dipandu jurnalis Banjarmasin Post, Kurniawan, Selasa (9/11/2021) pukul 16.00 Wita.
Mencgah dan juga mengatasi asam urat diuraikan Wakil Direktur (Wadir) RS Islam Banjarmasin, dr H Meldy Muzada Elfa SpPD Finasim, pada program BTalk yang dipandu jurnalis Banjarmasin Post, Kurniawan, Selasa (9/11/2021) pukul 16.00 Wita. (BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN)

Sebenarnya, menurut dr Meldy, kadar asam urat tinggi tidak menyebabkan rasa sakit. Adapun rasa nyeri jika asam urat yang tinggi itu berpindah melalui darah ke persendian. Saat terjadi pergerakan sendi, menimbulkan gesekan.

Biasanya, nyeri di sendi ibu jari kaki atau tangan, tumit atau telapak tangan. Pada kondisi tertentu terjadi bengkak, kemerahan karena peradangan. Sedangkan jika sudah nyeri di lutut, berarti sudah parah. 

Kalau sudah bengkak di persendian ibu jari kaki atau tumit, maka akan susah berjalan. Bahkan jika menumpuk di gnjal dan tidak bisa dibuang secara normal maka bisa jadi kristal dan terjadilah batu ginjal.

Penyebab tingginya kadar asam urat di tubuh bisa karena intake atau masukan makanan dan minuman ke dalam tubuh, yaitu makanan tinggi purin antara lain jeroan, makanan laut, daging merah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved