Breaking News:

Bumi Tuntung Pandang

Desa di Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut ini Menjadi Kampung Keluarga Berkualitas

Pemkab Tala mendukung sepenuhnya pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas di Desa Ketapang.

Penulis: Idda Royani | Editor: Eka Dinayanti
PROKOPIM TALA
SUASANA pencanangan Desa Bajuin sebagai Kampung Keluarga Berkualitas, Selasa (9/11). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kampung Keluarga Berkualitas hadir di Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel). Predikat ini disandang oleh Desa Bajuin di wilayah Kecamatan Bajuin.

Pencanangan Desa Bajuin sebagai Kampung Keluarga Berkualitas tersebut dilakukan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Tala H Akhmad Hairin mewakili upati bertempat di Halaman Kantor Desa Ketapang, Selasa (9/11/2021).

Hairin mengatakan Pemkab Tala mendukung sepenuhnya pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas di Desa Ketapang.

Pemerintah daerah juga mendorong dana desa bukan cuma untuk pembangunan fisik saja.

"Namun juga untuk pembinaan remaja, ibu hamil, pembinaan keluarga dan sebagainya. Inilah cara kita meningkatkan kualitas keluarga kita," sebutnya.

Pada acara tersebut, Sekretaris Utama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat Tavip Agus Rayanto menjelaskan terjadi perubahan nomenklatur Kampung Keluarga Berencana menjadi Kampung Keluarga Berkualitas.

Hal itu dikarenakan selama ini pengelolaan kampung KB dipersepsikan hanya dari BKKBN dan orientasinya hanya tentang KB.

Padahal yang harus dilakukan disitu adalah intervensi dari semua sektor, baik ekonomi, kesehatan, pendidikan dan pembangunan.

"Memperkenalkan kampung keluarga berkualitas, tidak hanya mengajak masyarakat ikut ber KB atau ikut menggunakan alat kontrasepsi. Tapi juga untuk membangun kampung dari seluruh sektor," ucap Rayanto.

Ditegaskannya, kampung keluarga berkualitas bukan sebatas milik BKKBN atau organisasi perangkat daerah teknis di kota dan kabupaten.

Lebih dari itu milik semua pihak termasuk kalangan swasta.

"Perlu sinergi bersama untuk merancang program pembangunan dari tingkat bawah yaitu kampung. Jadi, ini tanggung jawab semua pihak," tandasnya. (AOL)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved