Breaking News:

Kalselpedia

KalselPedia - Hal Menarik di Pasar Antasari Kota Banjarmasin

Kalselpedia. Terdapat tiga pasar di kawasan Pasar Antasari, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalsel, yaitu Pasar Subuh, Pasar Kasbah dan Sentra Toko Emas.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
banjarmasin post edisi cetak
Kalselpedia. Penampaan dari udara, Kompleks Pasar Antasari di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kalselpedia. Pasar Antasari di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, bisa disebut kompleks dari beberapa pasar.

Lokasinya, di kawasan Jalan Pangeran Antasari, dekat Masjid Agung Miftahul Ikhsan. Beberapa pasar tersebut, seperti ulasan di bawah ini

Pasar Subuh

Pasar ini berada di blok lantai dasar Pasar Antasari. Sebagaimana namanya, Pasar Subuh memang pasar ini buka sejak Subuh, bahkan dini hari sudah buka.

Keberadaan Pasar Subuh memang sudah sejak lama. Sampai sekarang pasar ini selalu siap melayani masyarakat yang ingin berbelanja sembako, sayur mayur, rempah dan lauk pauk (daging ayam, sapi dan ikan).

Biasanya pembeli di Pasar Subuh adalah masyarakat pedagang makanan atau warung dan rumah makan. Selain itu pebisnis katering dan masyarakat yang akan mengadakan hajatan.

Baca juga: KalselPedia - Sentra Antasari, Pasar Fenomenal di Kota Banjarmasin

Pasar Kasbah

Menjadi hal menarik di Sentra Antasari adalah keberadaan Pasar Kasbah. Pasar ini juga pasar yang berusia puluhan tahun dan mewarnai kekhasan Pasar Antasari di era dulu.

Pasar Kasbah menempati lantai dasar dan lantai dua. Keberadaannya tidak terlalu mencolok namun jika melintasi blok tersebut baru menyadari ternyata di situ banyak dijual barang bekas.

Ada barang bekas elektronik, macam TV, VCD-DVD player, kipas angin dan perabot rumah tangga lainnya. Ada pula kios dan konter HP bekas berikut aksesori HP jadul. Selain itu ada pakaian bekas layak pakai.

Sentra Toko Emas

Salah satu perbedaan Sentra Antasari dibanding pasar besar lainnya di Banjarmasin adalah keberadaan pedagang perhiasan yang begitu banyak, apalagi kalau bukan toko emas.

Ya, blok perhiasan di lantai dasar bagian kiri adalah memang khusus toko emas. Berpuluh-puluh toko baik ukuran besar dan kecil memajang aneka perhiasan emas antara lain cincin, kalung, bros, gelang.

Jenis yang bisa dipilih berdasar bentuk fisik dan kadarnya antara lain emas batangan, emas 999 perhiasan, emas 750, emas 700 dan emas 420.

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved