Breaking News:

Wabah Corona di Kalsel

UPDATE Covid-19 Kalsel: Banjarbaru Menjadi Daerah dengan Capaian Vaksinasi Tertinggi

Update covid-19 Kalsel. Kota Banjarbaru mencatatkan pencapaian vaksinasi terbesar di Kalsel, yaitu 63 persen. Peringkat kedua Banjarmasin 61 persen.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
DINAS KESEHATAN PROVINSI KALSEL
Update covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (10/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Update covid-19 Kalsel. Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, menekankan jajarannya agar ketersediaan vaksin di tingkat provinsi harus selalu ada.

Penegasan itu disampaikan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat memimpin pertemuan membahas percepatan vaksinasi di Gedung Idham Chalid, Setdaprov Kalsel, Kota Banjarbaru, Rabu (10/11/2021).

Berkaitan hal itu, lanjutnya, pemantapan koordinasi menjadi kunci utama. Pemerintah Provinsi, kota dan kabupaten hingga di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa harus aktif berkoordinasi.

“Kami bersyukur, pelaksananaan vaksinasi di Kalsel sangat terbantu dengan kerja bersama antarkomponen, baik TNI/Polri, tenaga kesehatan, swasta, para ulama, unsur pers, swasta, organisasi kemasyarakatan dan lainnya," ucap Paman Birin, sapaan akrabnya.

Jika ada daerah yang persediaan vaksinnya menipis atau habis, pemprov bisa segera mendistribusikan. Kalau di tingkat provinsi kurang, segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk meminta penambahan.

Baca juga: Data Kasus Covid-19 di Indonesia Naik Dibanding 1 Hari Sebelumnya, Naik 480 Orang

Baca juga: Kabupaten Tanahbumbu Berada di PPKM Level 1, Kadinkes Tanbu: Ranking 1 Penanganan Covid-19 di Kalsel

Menurut Paman Birin, vaksinasi merupakan ikhtiar yang terus dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Segera kami perhatikan daerah yang stok vaksinnya hampir habis,”  tandasnya.

Data Dinas Kesehatan Kalsel, 425 ribu dosis vaksin telah didistribusikan di 13  daerah. Sisa stok sebanyak 9.200 dosis disiapkan untuk kegiatan vaksinasi yang sudah terjadwal.

Melihat data itu, lanjut Paman Birin, sudah saatnya Pemprov Kalsel meminta stok vaksin kembali pada pemerintah pusat.

“Kami beberapa kali berjuang menurunkan PPKM Level 4 di wilayah Kalsel. Alhamdulillah, level di beberapa wilayah terus menurun, bahkan ada yang mencapai level 1,” imbuhnya.

Kendati begitu, Paman Birin mengingatkan, perjuangan harus terus berlanjut. Capaian vaksinasi merupakan salah satu indikator yang diperhatikan KPCPEN dalam menentukan level PPKM suatu daerah.

Warga menjalani vaksinasi di Balai Kesehatan Pangkalan TNI AL (Lanal) Kotabaru di Jalan KRI Yos Sudarso, Desa Stagen, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (10/11/2021).
Warga menjalani vaksinasi di Balai Kesehatan Pangkalan TNI AL (Lanal) Kotabaru di Jalan KRI Yos Sudarso, Desa Stagen, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (10/11/2021). (LANAL KOTABARU)
Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved