Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Melihat Pengolahan Kelapa Sawit di Kalsel, Perusahaan Ini Hasilkan 4 Ribu Ton CPO Sebulan

Para jurnalis melihat proses pengolahan CPO di PT Citra Putra Kebun Asri (CPKA), Jorong, Kabupaten Tala, Kalsel. Hasilkan 4 ribu ton CPO sebulan.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/NURHOLIS HUDA
Suasana lokasi penyortiran buah kelapa sawit di PT Citra Putra Kebun Asri, Jorong, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (11/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggelar jurnalis fellowship dan training gelombang II wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kegiatannya di PT Citra Putra Kebun Asri (CPKA), Jorong, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalsel. 

Disampaikan Anwar Sadat dari Divisi Perusahaan BPDPKS. didampingi Helmi Muhansyah, Kepala Divisi UMKM, kegiatan ini bertujuan memberi gambaran proses tanam Kelapa Sawit, pengolahan, panen hingga pemasaran.

"Hal itu guna memberikan informasi di masyarakat supaya tidak keliru memberikan informasi, dan juga mengetahui secara rill kondisi sawit Indonesia khususnya di Kalsel," kata dia, Kamis (11/11/2021).

Baca juga: Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia Dukung Biodiesel di Kalsel

Baca juga: Kelapa Sawit Tulang Punggung Perekonomian Nasional dan Primadona Ekspor

Baca juga: Bupati Tanahbumbu dan Gubernur Kalsel Pantau Vaksinasi Warga dan Karyawan Sawit

Baca juga: Penyerapan Tenaga Kerja dan Menciptakan Multiplier Effect dari Program Peremajaan Sawit Rakyat

Kemudian, manajer kebun, Eko Priyanto, menambahkan, pohon Kelapa Sawit ditanam, lalu dikirim dan disortir hingga diproses di pabrik menjadi crude palm oil (CPO). Beroperasi di atas lahan Hak Guna Usaha 30.000 hektare.

"Kami mampu hasilkan 22 ribu ton per tahun dan CPO 4.000 ton per bulan. Tandan Sawit Segar (TDS) yang dipasok yakni 60 hingga 70 persen dari kebun warga dan 30 hingga 40 persen dari sawit inti di CPKA. Sedangkan yang input ke kami ada 11 suplier se Kalsel," rincinya.

Selanjutnya, diuraikan mengenai pemanfaatan limbah dari Perkebunan Kelapa Sawit yang semua bisa dipakai untuk pemanfaatan pengembangan lingkungan.

(Banjarmasinpost /Nurholis Huda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved