Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Penjual Keluhkan Harga Daging Ayam di Pasar Banjarmasin Naik, Layanan Online Jadi Saingan

Daging ayam di pasaran Kota Banjarmasin mengalami kenaikan Rp 1.000, penjual susah dapat untung dan tersaingi layanan online yang disukai pelanggan.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Penjual daging ayam di kompleks Pasar Antasari, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (11/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Daging ayam di pasaran Kota Banjarmasin rata-rata mengalami kenaikan Rp 1.000. Akibatnya, omset para penjual menurun bahkan terpaksa hanya jual sesuai modal.

Beberapa pedagang daging ayam di Pasar Antasari, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (11/11/2021), mengatakan, eceran sepi pembeli.

Penuturan Nurhayati, penjual daging ayam, biasanya laku hingga 30 ekor. Sekarang, paling banyak 20 ekor. Itupun berjualan dari pagi sampai malam.

"Kalau jualan lagi sepi, kadang saya harus jual harga modal supaya dapat uang. Sedangkan saat ramai, untungnya cuma Rp 1.000 atau Rp 2.000 per ekor," sebutnya.

Baca juga: Pasokan Kurang, Harga Cabai Merah Besar dan Keriting Alami Kenaikan

Baca juga: Bakeuda Banjarmasin Sosialisasikan Pajak BPHTB dan Pajak Sarang Burung Walet

Menurut Nurhayati, situasi yang bagus adalah ketika ramai pembeli dan harga ayam sedang turun atau di kisaran  Rp 5 ribu-Rp 6 ribu per ekor. 

"Membuat dagangan tetap bisa bertahan adalah karena punya pelanggan. Tapi, pelanggan juga tidak setiap hari beli. Apalagi sekarang ada jualan online sistem antar, lebih disukai pembeli," ungkap Nurhayati.

Dikatakan Seli, penjual daging ayam lainnya, saat ini penjualan memang sepi. Keuntungan juga sedikit, itu pun susah djdapatkan. "Harga modal Rp 43 ribu, dijual seharga Rp 45 ribu. Untungnya cuma Rp 2 ribu," rincinya.

Selain jual daging ayam, sebagaimana pedagang lain juga menambah pendapatan dari penjualan kaki (ceker) dan kepala ayam. 

Baca juga: Kasus Pinjol, Anggota DPRD Kalsel Fahrani Sebut Lembaga Keuangan Ini Kecolongan

Baca juga: Permintaan Meningkat, Harga Kopi di Pasaran Stabil, Robusta dan Arabica Paling Laris di Kafe

Harapan Seli, kalau bisa harga modal ayam Rp 40 ribu ke bawah sehingga bisa lumayan untungnya. 

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved