Breaking News:

Doa Saat Cuaca Buruk

BACAAN Doa Ketika Hujan Lebat Disertai Petir Melanda, Dilengkapi Artinya

Berikut ini doa saat cuaca buruk. Doa ini merupakan bentuk rasa syukur terhadap karunia Allah SWT dan juga merupakan permohonan agar selalu dilindungi

Pixabay
Ilustrasi.BACAAN Doa Ketika Hujan Lebat Disertai Petir Melanda, Dilengkapi Artinya 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Hujan lebat disertai angin kencang dan petir belakangan ini terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Peringatan pun diberikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem akan terjadi beberapa hari ke depan.

Dalam laman bmkg.go.id, hujan yang dapat disertai kilat, petir atau angin kencang akan terjadi di 27 wilayah di Indonesia dari periode 13-20 September 2021.

Bagi umat Islam khususnya, selain dianjurkan untuk bersiaga, juga dianjurkan untuk berdoa saat menghadapi cuaca buruk seperti itu.

Berikut ini doa saat cuaca buruk, seperti dilansir dari Kompas.tv. Doa ini merupakan bentuk rasa syukur terhadap karunia Allah SWT dan juga merupakan permohonan agar selalu dilindungi dari musibah.

Baca juga: Jangan Lupa Mengerjakan Qobliyah Subuh, Simak Niat dan Keutamaan Sholat Rawatib Muakkad

Baca juga: Doa Buka Puasa Senin Kamis Jelang Akhir Rabiul Awal 443 H, Simak Adab Sebelum Menyantap Hidangan

Sekadar diketahui, doa ketika hujan lebat ini seperti diajarkan Rasulullah SAW. Beliau selalu membaca doa khusus saat hujan lebat untuk memohon keselamatan.

Latin: Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan (HR. Al- Bukhari).
Sementara itu, doa ketika hujan disertai angin kencang, Rasulullah SAW membaca ini.

Arab-Latin: Allaahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih

Artinya: Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya (HR. Muslim)

Prakiraan Cuaca BMKG 33 Kota di Indonesia Rabu, 8 Juli: Jakarta, Banjarmasin Berawan, Medan Hujan Petir.
Ilustrasi. (Tribunnews.com)

Apabila mendengar kilat dan petir yang menyambar langit, berikut doa yang diajarkan Rasulullah SAW.

Arab-latin: Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: Mahasuci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepadaNya (HR. Imam Malik).

Demikian doa hujan angin disertai petir yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk dibaca. Semoga kita selalu dihindarkan dari segala marabahaya dan musibah. (Kompas.tv)

Baca juga: Senin Pertama November 2021, Berikut Doa Buka Puasa Senin Kamis dan Keutamaan Puasa Sunnah

Baca juga: Niat Puasa Senin Pertama November 2021, Lengkap dengan Doa Berbuka Dibaca Besok

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved