BRI Kanwil Banjarmasin

Gelar Bazar Klaster Mantriku BRIlian Sahabat UMKM, BRI Dorong UMKM Naik Kelas

BRI kembali menggelar Bazar Klaster Mantriku BRIlian Sahabat UMKM di halaman parkir Regional Office BRI  Banjarmasin

Penulis: Salmah | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/salmah saurin
Nazaruddin, Regional CEO BRI Banjarmasin, (kiri berdiri) bersama UMKM saat hadir di Bazar Klaster Mantriku BRIlian Sahabat UMKM, Jumat (12/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - BRI adalah bank yang unik dengan fungsinya yang  bermacam-macam. Bank ini memang beda dari yang lain, salah satunya adalah fungsi pemberdayaan para nasabah.  Tak hanya diberi bantuan modal tapi juga dibantu usahanya agar maju dan berkembang.

Hal itu disampaikan Nazaruddin, Regional CEO BRI Banjarmasin, di sela Bazar Klaster Mantriku BRIlian Sahabat UMKM di halaman parkir Regional Office BRI  Banjarmasin, Jl Ahmad Yani Km3,5, Jumat (12/11/2021).

Dikatakannya, debitur BRI dari kalangan usaha ada yang skala usahanya mikro, kecil, menengah dan korporasi. Kegiatan bazar ini untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) bertujuan agar mereka lebih dikenal luas.

"Setiap bulan kami adakan bazaar klaster dan ini sudah kali kedua. Melalui kegiatan ini kami ingin mengangkat mereka dalam kondisi ekonomi pasca pandemi agar recovery lebih cepat," ujarnya.

Bahkan di waktu yang sama ini, di BRI di kantor pusat Jakarta mengadakan kegiatan bazar klaster yang pesertanya nasabah UMKM dari berbagai daerah termasuk Kalsel yang diwakili UMKM binaan BRI Regional Banjarmasin yaitu klaster buah jeruk dari Barito Kuala.

"Para nasabah UMKM ini debitur KUR dan Kupedes. Mereka terbagi dalam beberapa klaster sesuai usahanya, ada klaster jajanan, kue, buah-buahan dan sebagainya," jelas Nazaruddin.

Bazar Klaster Mantriku BRIlian Sahabat UMKM di halaman parkir Regional Office BRI  Banjarmasin, Jl Ahmad Yani Km3,5, Jumat (12/11/2021).
Bazar Klaster Mantriku BRIlian Sahabat UMKM di halaman parkir Regional Office BRI  Banjarmasin, Jl Ahmad Yani Km3,5, Jumat (12/11/2021). (banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

M Adinda Jaya, Wakabag Ultra Mikro dan SEI BRI Regional Banjarmasin, mengatakan, mereka memang menginginkan UMKM binaan BRI berkembang dan terus meningkat hingga meraih kesejahteraan  dan kian erat dengan BRI.

"BRI Regional Banjarmasin meliputi empat provinsi yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, jadi banyak sekali UMKM yang dibina," jelasnya.

Para debitur UMKM ini ada yang mendapat produk pinjaman Kece yang bisa cicil harian, mingguan, musiman dengan masa pinjaman 3-6 bulan. Mereka bayar cicilan bisa lewat agen BRIlink di pasar-pasar dan kampung-kampung.

"Mendapatkan pinjaman itu syaratnya sangat mudah cukup Surat Keterangan Usaha dari RT dan atau  Kelurahan. Adapun besar pinjaman KUR Mikro bisa sampai Rp50 juta dan Kupedes hingga Rp 250 juta," terangnya.

Jadi semakin bagus perkembangan usaha maka diharapkan ada penambahan aset yang bisa jadi agunan untuk pinjaman lebih besar melalui Kupedes.

"Dan kami juga dampingi mereka melalui sosialisasi, presentasi dan peningkatan mutu, nilai jual, packaging, promosi online. Bahkan dalam penyuluhan pertanian kami hadirkan para ahlinya baik lokal maupun nasional. Mereka juga diajak melihat usaha lokal macam kerajinan purun dan pertanian sayur mayur di Banjarbaru," beber Adinda Jaya.

Menurut Dewi, peserta Bazar Klaster Mantriku BRIlian Sahabat UMKM, setelah menjadi nasabah BRI maka usahanya kian berkembang.

"Saya petani jamur dengan merek produk Jamur Tiram Danda Jaya, asal Barito Kuala.
Pemasaran semakin bagus, hingga banyak pembeli yang ambil ke rumah," ungkapnya.

BRI juga banyak membantu pesanan sehingga pesanan selanjutnya terus datang dan diharapkannya produk jamur tersebut semakin luas terpasarkan.

Bazar Klaster Mantriku BRIlian Sahabat UMKM di halaman parkir Regional Office BRI  Banjarmasin, Jl Ahmad Yani Km3,5, Jumat (12/11/2021).
Bazar Klaster Mantriku BRIlian Sahabat UMKM di halaman parkir Regional Office BRI Banjarmasin, Jl Ahmad Yani Km3,5, Jumat (12/11/2021). (banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Tarmuji, peserta lainnya yang memproduksi jamu juga sangat senang bisa hadir di bazar ini sehingga produknya bisa lebih dikenal masyarakat banyak.

"Semoga setiap tahun terus diadakan agar UMKM bisa berkembang. Saya ini sudah lama jadi nasabah BRI. Semoga BRI semakin maju," pungkasnya. (AOL)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved