Breaking News:

Berita Batola

VIDEO Petani Desa Sumber Rahayu Batola Kembangkan Budidaya Tanaman Porang

Warga di Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Wanaraya Kabupaten Batola antusias mengembangkan Porang.

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Warga di Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Wanaraya Kabupaten Batola antusias mengembangkan Porang.

Setidaknya total 30 hektar lahan penanaman porang tengah digarap petani setempat dengan berbagai luasan yang berbeda-beda.

Disampaikan Ketua Asosiasi Porang Indonesia (ASPI) Barito Kuala, Trisno Subroto, saat ini ada sekitar 50 petani porang yang terhimpun di asosiasi sebagai anggota.

Sekitar 32 orang di antaranya telah memberanikan diri dan disetujui melakukan pinjaman KUR guna membuka lahan, pengadaan bibit hingga penanaman.

"Kami melihat potensi besar untuk mengembangkan porang di Sumber Rahayu ini, karena lahannya lebih  tinggi dibandingkan kawasan lain di Batola," ucap Trisno.

Di samping itu, pihaknya juga telah mencoba penanaman pada 2019 lalu dan hasilnya melimpah dengan harga yang terbilang tinggi. Berkisar 6 hingga 7 ribu rupiah per kilo.

Meskipun masa panen mencapai delapan hingga satu tahun, perawatan porang yang termasuk umbi-umbian ini tidak terlalu ruwet. Hanya perlu lahan yang tidak terendam air dengan tambahan pupuk dan pestisida organik.

"Perawatan cukup mudah, kurang lebih seperti singkong. Kita juga bahkan bisa terapkan dengan penanaman tumpang sari. Baik itu dengan sayur-sayuran, karet, atau kelapa sawit yang masih berumur muda," beber Trisno.(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved