Breaking News:

Travel

Wisata Kalsel, Destinasi di Kabupaten Tabalong yang Masuk Kawasan Hutan Ini Akan Dibuka Kembali

Wisata Kalsel. Destinasi di Kabupaten Tabalong dibuka, yaitu Air Terjun Lano, Gua Liang Tapah, Batu Timbul, Puncak Karamo, Mambanin, Riam Kinarum.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/NOOR MASRIDA
Pengunjung di Air Terjun Lano di Desa Lano di Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Wisata Kalsel. Dari sekian banyak wisata di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, beberapa di antaranya masuk dalam kawasan hutan.

Tempat wisata yang masuk dalam kawasan hutan ini semuanya merupakan jenis wisata alam, baik berupa air terjun, gua, riam dan juga sungai.

Sebagaimana tempat lainnya, wisata alam di kawasan hutan ini juga sempat harus tutup sementara akibat pandemi Covid-19.

Kini seiring dengan kasus yang terus melandai dan adanya kelonggaran sesuai status level PPKM, maka tempat wisata di Kabupaten Tabalong sudah bisa dibuka kembali.

Termasuk pula wisata alam yang masuk kawasan hutan, sekarang sebagian besar sudah dibuka untuk umum dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Baca juga: Berkunjung ke Air Terjun Lano Pesona Wisata di Ujung Tabalong

Baca juga: Gua Liang Tapah Tabalong, Panjangnya 1 Kilometer, Ada Danau dengan Legenda Tiga Bidadari

Kepala Seksi Pemanfaatan Hutan KPH Tabalong, Ahmad Aidil Fahruraji, Sabtu (13/11/2021), mengatakan, wisata alam yang masuk kawasan hutan ada enam lokasi.

Terdiri dari, Wisata Alam Air Terjun Lano Desa Lano, Wisata Alam Gua Liang Tapah Desa Garagata, Wisata Alam Batu Timbul Desa Nalui

Kemudian juga, ada Puncak Karamo dan Balantingan Desa Teratau, lalu Riam Mambanin Desa Marindi dan Riam Kinarum Desa Kinarum.

Menurut Aidil dari semua wisata alam tersebut, saat ini sudah lima lokasi yang telah mendapatkan izin untuk kembali beroperasi.

Wisata Puncak Gunung Karamo
Wisata Kalsel. Puncak Gunung Karamo di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Masing-masing, Air Terjun Lano Desa Lano, Gua Liang Tapah Desa Garagata,Batu Timbul Desa Nalui, uncak Karamo dan Balantingan Desa Teratau, serta Riam Mambanin Desa Marindi. "Untuk Wisata Alam Riam Kinarum yang masih belum," sebutnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved