Breaking News:

Yamaha Indonesia

Motor Bermasalah akibat Menerabas Banjir, Simak Langkah Pengecekan dari Yamaha Berikut ini

Berikut adalah tips dari Yamaha terkait tata cara menangani sepeda motor yang rusak atau mati mesin akibat menerabas banjir.

Editor: Eka Dinayanti
Yamaha Indonesia
Service Kunjung Yamaha (SKY) yang dapat dipesan dengan sambungan telpon. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA – Intensitas hujan yang meningkat di akhir tahun perlu diwaspadai oleh masyarakat yang mengandalkan sepeda motor sebagai alat mobilitas sehari-hari.

Pasalnya, selain permukaan jalan yang lebih licin akibat basah, hujan dengan intensitas tinggi juga kerap membuat beberapa jalan yang dilewati tergenang air atau banjir.

Kondisi jalan yang banjir sebetulnya sangat tidak disarankan untuk dilewati, karena selain berbahaya bagi keselamatan pengendara, air yang merendam sepeda motor juga berpotensi menyebabkan kerusakan pada komponen kendaraan.

Meskipun berisiko, namun tidak sedikit pengguna sepeda motor yang tetap nekat menerobos banjir hingga menyebabkan motor mengalami malfungsi atau bahkan mati mesin.

Jika sudah seperti itu, maka pengendara perlu melakukan penanganan yang tepat terhadap motor, agar kondisinya tidak menjadi lebih parah dan memakan biaya perbaikan yang jauh lebih mahal.

“Curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini, menuntut pengguna sepeda motor untuk meningkatkan kewaspadaanya saat berkendara. Terutama, dalam hal memilih rute jalan yang bebas dari genangan air dan banjir. Namun, jika sudah terlanjur menerabas banjir dan motor mengalami kendala seperti mati mesin atau tidak berfungsi normal, maka sebaiknya konsumen membekali diri dengan pemahaman teknis mengenai cara penanganan motor yang tepat sebelum kemudian dibawa ke bengkel resmi untuk dilakukan service perbaikan. Menjawab kebutuhan itu, Yamaha pun ingin membagikan tips, terkait hal apa saja yang harus dilakukan ketika motor bermasalah pasca menerjang banjir,” ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Berikut adalah tips dari Yamaha terkait tata cara menangani sepeda motor yang rusak atau mati mesin akibat menerabas banjir.

1. Jangan Langsung Menghidupkan Mesin Motor

Ketika mesin motor mati setelah menerabas banjir, pengguna sepeda motor sangat tidak disarankan untuk memaksa menyalakannya.

Hal tersebut dikarenakan adanya potensi air masuk ke dalam mesin yang bisa menyebabkan kerusakan komponen utama di ruang bakar, seperti stang piston yang membengkok, piston rusak, dan crankcase pecah atau retak akibat water hammer.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved