Breaking News:

Berita Tabalong

VIDEO Tabalong Farmers Festival di Hikun Agri Park

Tabalong Farmers Festival di area Hikun Agri Park, Kecamatan Tanjung menarik perhatian dengan banyaknya masyarakat yang datang sejak pagi.

Penulis: Dony Usman | Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Gelaran Tabalong Farmers Festival di area Hikun Agri Park, Kecamatan Tanjung, kembali dilaksanakan untuk pekan kedua, Minggu (14/11/2021).

Kegiatan yang direncanakan digelar setiap hari Minggu selama November 2021 ini terlihat berhasil menarik perhatian dengan banyaknya masyarakat yang datang sejak pagi.

Ini tidak terlepas dari banyaknya rangkaian kegiatan yang digelar, mulai dari petani, bazar UMKM, pemeriksaan kesehatan hewan gratis, perpustakaan keliling dan lainnya.

Bahkan ada satu yang cukup unik, dimana disediakan sarana wisata keliling area Tabalong Farmers Festival menggunakan satu unit traktor.

Baca juga: VIDEO Petugas Damkar Kotabaru Edukasi IRT Tentang Teknik Pemadaman Saat Ada Insiden di Dapur

Baca juga: VIDEO Petani Desa Sumber Rahayu Batola Kembangkan Budidaya Tanaman Porang

Plt Kadis Pertanian Kabupaten Tabalong, Syam'ani, mengatakan, hari ini merupakan pelaksanaan minggu kedua dari kegiatan yang direncanakan tiap minggu di bulan November.

"Ini juga merupakan rangkaian dari peringatan hari jadi Kabupaten Tabalong ke-56. Bertujuan untuk mengenalkan produk pertanian, kemudian mendorong bergeraknya perekonomian khususnya petani, UMKM dan kita juga ingin memperkenalkan keberadaan Hikun Agri Park," jelasnya.

Untuk pekan kedua ini kegiatan dimulai sekitar pukul 08.00 Wita, diisi senam bersama, pasar petani, bazar UMKM, sembako murah, pameran produk, kemudian ada kegiatan lomba sifatnya edukatif seperti lomba mewarna.

Kemudian ada juga perpustakaan keliling, inklusif sosial dan ada kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan.

"Itu kegiatan yang sifatnya rutin tiap minggu kita laksanakan, tapi ada kegiatan yang tiap minggu berbeda. Seperti minggu kedua ini kita ada lomba kelompencapir antar KTNA se Tabalong," ujarnya.

Baca juga: VIDEO Setiap Tahun Luapan Air Genangi Halaman Warga Kaladan Balangan , Warga Minta Peninggian Siring

Kemudian untuk minggu depan ada kegiatan fashion show, berikutnya ada lomba kontes aglonema dan kemudian minggu keempat ada lomba cipta menu pangan lokal.

Syam'ani juga menyebutkan dari dua kali pelaksanaan yang digelar pengunjung yang datang menurut penilaiannya cukup banyak dan ramai.

Begitu pula pelaku UMKM yang mengisi stand diketahui hasil penjualan juga lumayan dan untui minggu kedua ini UMKM yang berpartisipasi semakin bertambah.

"Kita akan evaluasi pelaksanaan kegiatan selama bulan November, kalau misalnya dalam kegiatan ini positif bisa menggerakkan perekonomian petani dan UMKM, maka ini akan kami jadikan agenda rutin tahunan tiap bulan November dalam rangkaian hari jadi," ucapnya.

(banjarmasinpost.co.id/donyusman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved