Breaking News:

Berita Balangan

Waspadai Banjir, Perahu Tim Penolong Ditempatkan di Juai Kabupaten Balangan

Aparat Kantor Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalsel, dapat perahu fiber untuk menolkong warga jika terjadi banjir akibat luapan sungai.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Perahu yang akan digunakan tim penolong untuk evakuasi warga, jika terjadi banjir di wilayah Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Jajaran BPBD Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, melibatkan para camat untuk penanggulangan bencana banjir.

Para camat ini diarahkan melakukan pemantauan terhadap kondisi debit air dan antisipasi dampak banjir yang besar terhadap warga. 

Hal itu disampaikan Plt Kepala BPBD Kabupaten Balangan, H Rahmi, secara langsung saat Rakor penanggulangan bencana banjir.

Kemudian, TRC BPBD Kabupaten Balangan juga telah mendatangi desa-desa rawan banjir yang kemudian mencari tempat untuk evakuasi.

Selain itu menentukan titik mana saja yang dianggap debit air bisa tinggi dan area yang bisa ditinggali warga apabila banjir terjadi. 

Baca juga: VIDEO Setiap Tahun Luapan Air Genangi Halaman Warga Kaladan Balangan , Warga Minta Peninggian Siring

Baca juga: Banjir di Kalsel, Warga Tiga Desa di Batumandi Balangan Terdampak Luapan Air Sungai

Dalam hal penanggulangan dan pencegahan dampak banjir, Camat Juai, Nanang Edward, secara aktif mempersiapkannya. Telah pula minta perahu untuk tim penolong membantu warga bila terjadi banjir.

"Karena banjir di Kecamatan Juai hampir setiap tahun terjadi, kami mempersiapkan tim penolong dalam penanganan dan meningkatkan kewaspadaan yang lebih tinggi," ucap Nanang Edward, Minggu (14/11/2021).

"Melalui kerja sama, tim kami lebih siap dibanding tahun sebelumnya," tambahnya.

Selain perahu yang kini sudah berada di Kantor Kecamatan Juai, pihaknya juga mengusulkan perahu ketinting.

Meski upaya meminimalisasi dampak bencana banjir telah dilakukan, Nanang berharap Kecamatan Juai aman dari banjir.

Baca juga: Minimalisir Dampak Bencana Banjir, BPBD Balangan Terus Pantau Debit Air Sungai Balangan 

Baca juga: Jajaran BPBD Kabupaten Balangan Bersiap Hadapi Bencana Banjir

Terlebih saat ini debit air sungai balangan di Kecamatan Juai juga dilaporkan masih dalam kondisi stabil.

Sementara itu, H Rahmi menerangkan, kewaspadaan sejak dini terhadap bencana banjir, angin kencang dan tanah longsor mulai dilakukan. Bahkan beberapa waktu lalu, status siaga telah disematkan. 

Tim Satgas penanganan bencana pun telah terbentuk yang terdiri dari TNI, Polri, TRC BPBD Balangan, Damkar, Dishub, Satpol PP, tim kesehatan, serta beberapa organisasi di bidang sosial. 

Ia berharap pencegahan yang dilakukan, dapat meminimalisir dampak dari bencana yang terjadi. Selain itu warga juga diminta untuk ikut siaga dan waspada terhadap cuaca ekstrim saat ini.

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved