Breaking News:

Berita Kabupaten Banjar

Dinas PUPR Kabupaten Banjar Bahas Tata Ruang Perkotaan Martapura

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar, Ahmad Solhan, membuka Konsultasi Publik atas rencana penataan Kota Martapura.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MILNA SARI
ILUSTRASI - Satu sudut Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Rencana detail untuk penataan Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, menjadi sangat penting.

Itu dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar, Ahmad Solhan, saat  membuka acara konsultasi publik rencana penataan ruang tersebut beserta kajian dari sisi lingkungan hidup.

Menurutnya, tujuan konsultasi publik ini untuk mengakomodasi isu-isu strategis pengembangan kawasan perkotaan. Terutama, penentuan rencana struktur dan pola ruang Martapura.

Mengingat, di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2017 tentang RTRW Nasional, terdapat 8 wilayah administrasi kecamatan di Kabupaten Banjar termasuk ke dalam Kawasan Strategi Nasional (KSN) Banjarbakula. 

Baca juga: Tinjau Pembangunan Kawasan Air Santri, Wabup Banjar Berharap Proyek Cepat Rampung

Baca juga: Deteksi Dini HIV, Warga Binaan Lapas Narkotika Karang Intan Kalsel Jalani Pemeriksaan

"Kecamatan dimaksud adalah Martapura yang telah teridentifikasi sebagai kawasan perkotaan," sebutnya

Masih kata Ahmad Solhan, Kecamatan Martapura ini telah ditetapkan sebagai Pusat Kegiatan Wilayah (PKW), sehingga diperlukan adanya RDTR. 

"RDTR merupakan alat operasionalisasi dan pengendalian pemanfaatan ruang dalam implementasi RTRW sehingga dapat menjadi acuan terutama dalam proses perizinan dan kepastian investasi," jelasnya.

Acara diikuti peserta dari perwakilan Kepala Badan Wilayah Sungai Kalimantan II Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Perwakilan BPJN XI Kalsel, SKPD Lingkup Pemkab Banjar, Asosiasi Profesi dan sejumlah undangan.

Baca juga: Kolaborasi Polres dan Dinkes Kabupaten Banjar Tingkatkan Layanan Vaksinasi

Baca juga: Bupati Banjar Saidi Mansyur Minta Camat Tingkatkan Peran Pada Percepatan Vaksinasi

Sebagai narasumber dalam konsultasi publik tersebut, Eko Budi Kurniawan dari Direktorat Jenderal Tata Ruang, Ketua Komisi III DPRD Banjar Irwan Bora, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjar, Mursal.

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved