Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Dipengaruhi Cuaca Buruk, Harga Ikan Sungai di Kabupaten Batola Mulai Naik

Pasar di Kabupaten Batola, papuyu Rp 70 ribu menjadi Rp 80 ribu per kilogram, peda Rp 42 ribu menjadi Rp 45 ribu, bawal Rp 50 ribu menjadi Rp 55 ribu.

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MUHAMMAD TABRI
Ikan segar yang dijual pedagang di Pasar Wangkang, Kota Marabahan, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (16/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Harga sejumlah bahan pokok di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), terbilang stabil pada pekan ini.

Meskipun, ada beberapa di antaranya juga mengalami kenaikan seperti pada jenis ikan segar, yaitu gabus yang sebelumnya Rp 60 ribu per kilogram menjadi Rp 65 ribu.

Lainnya, papuyu Rp 70 ribu menjadi Rp 80 ribu per kilogram, peda Rp 42 ribu menjadi Rp 45 ribu, bawal Rp 50 ribu menjadi Rp 55 ribu, tongkol Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram. 

Kendati demikian, ada pula beberapa yang mengalami penurunan harga, di antaranya daging ayam ras yang pekan lalu seharga Rp 42 ribu per kilogram menjadi 40 ribu.

Baca juga: Tangkapan Ikan Laut Berkurang, Harga Pindang di Banjarmasin Bergejolak

Baca juga: Perkara Sawit Plasma di Kolam Kanan Kabupaten Batola Kalsel, Kejari Masih Menyelidiki

Kemudian, ikan asin telang dari Rp 150 ribu menjadi Rp 140 ribu, cabai merah biasa Rp 60 ribu menjadi Rp 50 ribu, ikan mas Rp 40 ribu menjadi Rp 35 ribu. 

Disampaikan Surono, Kabid Perdagangan Diskoperindag Batola, naiknya sejumlah harga ikan kemungkinan disebabkan karena cuaca yang belakangan ini kurang baik. Sehingga berdampak pada tangkapan nelayan.

"Untuk harga ikan segar di pasaran yang alami kenaikan karena memang stoknya sedikit berkurang, akibat cuaca yang mempengaruhi pembatasan para nelayan untuk melaut," ucap Surono. selasa (16/11/2021). 

Ia juga menambahkan, selama dua pekan terakhir November ini di Batola ada kecenderungan harga naik.

Baca juga: Budi Daya Porang Mulai Ramai, ASPI Kabupaten Batola Diharapkan Wujudkan Corporate Farming

Baca juga: VIDEO Sidang Perkara Tipikor Mantan Wabup Batola, Terdakwa Transfer Dana ke Rekening Kas Daerah

 Jika pekan lalu harga cabai merangkak naik, kali ini menimpa harga ikan segar. Namun menurutnya harga yang ada saat ini masih amun dalam batas yang wajar.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved