Breaking News:

Berita Banjarmasin

Sebanyak 83 Warga Miskin Dapat Bantuan Berupa Perbaikan Rumah dari Pemko Banjarmasin

Perbaikan 83 rumah milik warga miskin oleh Pemko Banjarmasin melalui Dinsos berupa program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-Rutilahu).

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Rukmini yang mendapatkan bantuan berupa program RS-Rutilahu dari Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (17/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebanyak 83 rumah tidak layak huni mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Bantuan diberikan oleh Pemko Banjarmasin melalui Dinas Sosial (Dinsos) berupa program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-Rutilahu) 2021.

Melalui program RS-Rutilahu ini, warga yang masuk kategori miskin dan rumahnya sudah tidak layak, maka akan diberikan bantuan sebesar Rp 24 juta untuk melakukan perbaikan atau bedah rumah.

Kepala Dinsos Banjarmasin, Iwan Ristianto, menerangkan bahwa untuk 2021 ini ada sebanyak 153 rumah yang diusulkan.

Baca juga: Warga Banjarmasin Ini Bersyukur Rumahnya yang Hampir Roboh Diperbaiki Pemko

Baca juga: 5 Pot Kembang di A Yani Banjarmasin Pecah, Tukang Becak Ini Ngaku lihat Pelakunya Naik Sepeda

Namun setelah dilakukan proses verifikasi, yang memenuhi syarat hanyalah sebanyak 83 rumah dan tersebar di seluruh kecamatan di Banjarmasin.

"Karena kriterianya jelas, yaitu minimal tanah dan bangunan milik sendiri, tidak di jalur yang dilarang oleh pemerintah dan tidak ada permasalahan utang piutang maupun ahli waris," katanya.

Dijelaskan oleh Iwan bahwa untuk jumlah rumah yang mendapatkan bantuan dari program ini mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun lalu.

"Tahun kemarin ada sekitar 150 an, dan memang rata-rata kita targetkan setiap tahunnya antara 150 hingga 200 rumah. Tapi tahun ini yang memenuhi syarat hanya 83 rumah, dan yang terbanyak di Kecamatan Banjarmasin Utara untuk tahun ini. Mudahan sisanya bisa diusulkan lagi untuk tahun depan," jelasnya setelah melaksanakan kegiatan bedah rumah di Jalan Sutoyo S, Banjarmasin.

Baca juga: Tiga Kejahatan Narkoba Diungkap Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Kalsel, 4,3 Ons Sabu Disita

Baca juga: Melintas di Jam Sibuk, Dishub dan Satlantas Polresta Banjarmasin Tertibkan Ratusan Truk

Pelaksanaan program RS-Rutilahu ini sendiri lanjut Iwan sudah bergulir serentak pada hari ini juga.

"Jadi setelah dana diserahkan sebesar Rp 24 juta per rumah, maka dalam 20 hari harus sudah selesai dikerjakan," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved