Breaking News:

Ekonomi dan bisnis

VIDEO Uji Mutu Barang, Kini Pengusaha Cukup Gunakan E-Pengujian

Untuk memperoleh sertifikat pengujian mutu barang,kini pengusaha tak perlu ribet bolak-balik BPSMB. Kini, Sudah ada E-Pengujian

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Untuk memperoleh sertifikat pengujian mutu barang, para pengusaha kini tidak perlu repot bolak balik datang Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Dinas Perdagangan (Disdag) Kalsel di Banjarbaru untuk melakukan pendaftaran.

Sebab, Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Disdag Kalsel kini sudah memiliki aplikasi e-pengujian.

Bahkan kini pengusaha juga bisa gunakan kurir untuk mengirim sampel.

"Tentu dengan lahirnya aplikasi ini, sangat membantu bagi kami di pengusaha karet untuk menguji sampel. Sebelumnya kan daftar saja harus bolak balik banjarmasin ke Banjarbaru. Harus kirim sampel, buat permohonan isi formulir. Dengan aplikasi ini, sudah makin simpel," kata Quality Kontrol dari PT Insan Bonafide, Fendi selaku perwakilan perusahaan karet, Rabu (17/11/2021).

Bukan hanya karet, tapi komoditi lain, misal beras, garam dan produk UMKM lainnya bisa dilakukan uji mutu barang dan kalibrasi di Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Disdag Kalsel.

Menurut Kepala Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Disdag Kalsel, Tanwiriah, pelanggan di layanan BPSMB ini sudah ada hampir 300 pelanggan. Bahkan bukan hanya pelaku usaha, tapi juga ada dari pendidikan, kepolisian dan TNI dan hampir seluruh instansi yang memiliki laboratorium di Kabupaten kota.

Selain itu juga ada dari universitas Palangka, juga gunakan jasa alat kali tadi di sini. Menurutnya, adanya aplikasi e-pengujian ini melengkapi fasilitas selebelumnya yakni aplikasi e-kalibrasi karena layanan di BPSMB ini ada dua laboratorium yakni laboratorium kalibrasi dan pengujian.

Dia berharap dengan hadirnya aplikasi ini memberikan layanan lebih cepat kepada pelanggan layanan di BPSMB.

"Dan aplikasi ini menjadi inspirasi dari BPSMB Kaltim yang sudah studi banding ke Kalsel ini," kata dia. (Banjarmasinpost /Nurholis Huda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved