Breaking News:

Berita Banjarmasin

Dievakuasi Saat Kandas di Perairan Barito Kalsel, Penumpang Kelotok Wisata Sempat Kehausan

Sebanyak 25 penumpang kelotok wisata air berhasil dievakuasi oleh Satuan Polairud Polresta Banjarmasin. Sebagian penumpang sempat kehausan dan muntah

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Hari Widodo
Humas Polresta Banjarmasin untuk BPost
Personel Satpolair Polresta Banjarmasin, saat mengevakuasi penumpang kelotok wisata, yang mengalami kandas di Sungai Barito, Kamis (18/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebanyak 25 penumpang kelotok wisata air berhasil dievakuasi oleh Satuan Polairud Polresta Banjarmasin. 

Kapal tersebut mengalami kandas di perairan sungai Barito, tepatnya di dekat Pulau Kembang. Kamis (18/11/2021) siang.

Kasat Polairud Polresta Banjarmasin melalui Ps. Kasubnit Binmas Air, Aipda Ronny Setiadi menerangkan, pihaknya saat itu sedang giat patroli rutin perairan dengan menggunakan KP XIII 2005 28, kemudian menerima telepon dari penumpang kapal tersebut.

"Pak tolong dibantu klotok kami kandas, disini ada anak-anak dan lansia dengan kondisi sudah kehausan dan mabuk mulai pukul 10.00 Wita kami menunggu bantuan," kata Aipda Ronny menirukan ucapan seorang penumpang.

Baca juga: VIDEO HEBOH BANGET Kisah Heroik Andi, Penumpang Kapal Tenggelam di Tuban Selamatkan Nyawa Balita

Baca juga: 14 Kapal Tenggelam Tersapu Ombak di Kalbar, 15 Orang Ditemukan Meninggal dan 39 Lainnya Masih Dicari

Baca juga: Empat Korban Kelotok Tenggelam di Sungai Barito Belum Ditemukan, BPBD Lanjutkan Pencarian Besok

Saat itu juga ujar Aipda Ronny, pihaknya langsung quick respons mendatangi lokasi yang terima, sekaligus berkoordinasi dengan personel Marnit Patroli Multifungsi Terapung Sat Polairud Polresta Banjarmasin, guna upaya evakuasi secara bersama-sama.

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, para penumpang klotok di evakuasi secara estafet dari XIII 1002 28, ke KP XIII 2005 28 dengan tujuan Marnit Patroli Multifungsi Terapung.

"Para penumpang terlihat cemas dan satu diantaranya anak kecil sudah mengalami muntah-muntah," ungkap Aipda Ronny.

Personel Satpolair Polresta Banjarmasin, saat mengevakuasi penumpang kelotok wisata, yang mengalami kandas di Sungai Barito, Kamis (18/11/2021).
Personel Satpolair Polresta Banjarmasin, saat mengevakuasi penumpang kelotok wisata, yang mengalami kandas di Sungai Barito, Kamis (18/11/2021). (Humas Polresta Banjarmasin untuk Bpost)

Ia juga menuturkan untuk proses evakuasi itu memakan waktu kurang lebih sekira lima jam dengan jumlah personel sebanyak enam orang.

"Sudah dapat dikondisikan sekira pukul 16.30 wita, dan Alhamdulillah para penumpang sebanyak 25 orang serta motoris klotok dalam keadaan selamat," ujarnya.

Baca juga: Kelotok Tenggelam Ditabrak Kapal Tanker Pertamina Sampit, Bagaimana Nasib Penumpang

Informasi dihimpun penyebab klotok tersebut kandas, dikarenakan motoris tidak mengenal medan pada saat air mengalami pasang surut di lokasi itu.

Sementara itu klotok wisata mengalami kerusakan pada roda penggerak atau baling-baling.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved