Breaking News:

Berita Banjarmasin

Dugaan Pungli untuk Peringatan HKN Ke-57, Wali Kota Banjarmasin Tegas Minta Ditindaklanjuti

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina perintahkan Inspektorat selidiki dugaan pungli pada perayaan HKN ke-57. Inspektorat kumpulkan bahan dan keterangan

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, perintahkan Inspektorat untuk memeriksa dugaan pungli pada perayaan acara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, Kamis (18/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID,  BANJARMASIN - Dugaan pungli terkait penyelenggaraan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-57 oleh Dinas Kesehatan (Dinkes), menjadi sorotan tajam Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina.

Karena itu, dia tegas memerintahkan supaya menindaklanjuti dugaan praktik pungli tersebut.

Pasalnya, Ibnu sudah menginstruksikan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) di Inspektorat untuk menindaklanjuti dugaan pungli terkait perayaan acara HKN Ke-57 itu.

"Saya minta Inspektorat untuk mempelajari. Kemudian, sesegeranya memperjelas supaya terang benderang,  kejadiannya seperti apa," tegas Ibnu, Kamis (18/11/2021) sore.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Pl)t Kepala Inspektorat Banjarmasin, Taufik Rivani, membenarkan akan menindaklanjuti terkait dugaan pungli pada hari kesehatan nasional ke-57 tersebut.

Baca juga:  Dugaan Pungli Iuran HKN 2021 di Banjarmasin Masuk Tahap Lidik, Kejari Layangkan Surat Panggilan

Baca juga: Dugaan Pungli Hari Kesehatan Nasional ke-57 Didalami Kejaksaan Negeri Banjarmasin

Bahkan ditambahkannya, proses pengumpulan bahan dan keterangan sudah dilaksanakan.

"Sudah ada arahan dari Wali Kota sejak beberapa hari yang lalu. Kami sudah bergerak mengumpulkan bahan dan keterangan. Dan kami melakukan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku," tegasnya.

Dugaan praktik pungli ini menjadi perhatian berbagai pihak lainnya, seperti DPRD Banjarmasin, Kejaksaan hingga kepolisian.

Terpisah, Kadinkes Banjarmasin Machli Riyadi mengaku siap untuk memberikan klarifikasi. "Kami akan menghadiri undangan untuk memberikan klarifikasi, menyampaikan apa yang sesungguhnya terjadi," ujarnya.

Ia juga menegaskan lagi, dirinya menilai tidak ada praktik pungli dalam pelaksanaan peringatan HKN Ke-57 yang dilaksanakan saat Jumat (12/11/2021).

Baca juga: Dugaan Pungli untuk Bisa Mengadakan Acara HKN Ke-57, DPRD Banjarmasin Akan Panggil Dinkes

Baca juga: Peringatan HKN ke-57 di Banjarmasin Diwarnai Isu Pungli, Dinkes Sebut Sumbangan

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved