Breaking News:

Berita HSU

Masyarakat Kabupaten HSU Diimbau Agar Manfaatkan Pekarangan untuk Tanam Sayuran

Tim Lomba Pekarangan Pangan Lestari tingkat Kalsel menilai taman sayuran milik Kelompok Wanita Tani Mawar Desa Rantau Karau Hilir Kabupaten HSU.

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/RENI KURNIAWATI
Taman sayuran di sebuah pekarangan di Desa Rantau Karau Hilir, Sungai Pandan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (18/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar Desa Rantau Karau Hilir, Sungai Pandan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), ikut Lomba Pekarangan Pangan Lestari tingkat Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSU, Fakhruddin, Kamis (18/11/2021), menyampaikan, kegiatan Pekarangan Pangan Lestari adalah program pemerintah.

Tujuannya, mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan, pemenuhan gizi masyarakat, serta mendukung program ketahanan pangan nasional.

"Pekarangan yang tidak dirawat dan tidak mengahasilkan apa-apa, saat ini para anggota sudah merasakan banyaknya manfaat yang didapat dan juga meningkatkan gizi keluarga yaitu dengan menanam sayuran dan buah-buahan seperti cabai, bayam, kangkung, dan strawberry di Pekarangan rumahnya," ucap Fakhruddin.

Baca juga: Kasus OTT KPK di HSU, Bupati Abdul Wahid Diduga Terima Uang Suap Mencapai Rp 18,9 Miliar

Baca juga: BREAKING NEWS, Bupati Abdul Wahid Ditahan KPK

Program Pekarangan Pangan Lestari diharapkan tetap berlanjut sehingga dapat menambah penghasilan keluarga .

Sekaligus, meningkatkan pola konsumsi pangan yang mengandung gizi untuk keluarga dan masyarakat Kabupaten HSU.

Sementara itu, Yanuar Pribadi, tim penilai lomba, menyebutkan beberapa aspek, yaitu kondisi rumah bibit, dempot, kondisi pekarangan rumah anggota dan juga aktivitas kelembagaannya.

Ia mengharpakan, dengan adanya lomba ini dapat memotivasi anggota untuk berinovasi agar tetap merawat pekarangannya tidak hanya saat lomba saja.

Baca juga: Sang Putra Ditemukan Meninggal Tenggelam,  Munawari Minta Polres HSU Penyelidikan Dipercepat

Baca juga: Rancangan Perda APBD 2022 Kabupaten HSU Telah Ditetapkan

"Tanaman yang digunakan, baik di pekarangan maupun di demplot, untuk anggota sendiri. Selain anggota,  diharapkan juga untuk ikut merawat tanaman di pekarangan rumahnya, sehingga dapat meningkatkan konsumsi keluarga dan pendapatan keluarga," ujarnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved