Breaking News:

DPRD Kotabaru

UMP 2022 Naik 1,09 Persen, Anggota DPRD Kotabaru Rabbiansyah Prihatin dengan Buruh

Untuk Kalimantan Selatan, tahun ini ada kenaikan upah sebesar Rp 29 ribu, memantik reaksi Rabbiansyah, Sekretaris Komisi I DPRD Kotabaru.

Penulis: Herliansyah | Editor: Eka Dinayanti
Humas DPRD Kotabaru
Sekretaris Komisi I DPRD Kotabaru, Rabbiansyah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) membuat keputusan ditujukan ke gubernur membuat keputusan menaikan upah tidak lebih dari 1,09 persen.

Untuk Kalimantan Selatan, tahun ini ada kenaikan upah sebesar Rp 29 ribu.

Keputusan ini memantik reaksi Rabbiansyah, legislator yang juga Sekretaris Komisi I DPRD Kotabaru.

Pendapatnya pribadi, keputusan itu membuatnya tidak mengerti terkait kebijakan Pemerintah Pusat mengenai upah tersebut.

Terlebih, lanjut Rabbiansyah yang berasal dari seorang aktivis ini, mulai lahirnya UU Ciptakerja khusus klaster tenaga kerja yang banyak memangkas kesejahteraan kaum buruh.

Keluarnya PP 36 Tahun 2021 terkait kebijakan pengupahan, menghapus upah sektoral.

Padahal sambung dia, dengan adanya upah sektoral memberikan ruang masing-masing sektor pengusaha untuk berunding dengan pihak serikat pekerja.

"Contoh kondisi saat ini pengusaha tambang batu bara dan perkebunan kelapa sawit, harga CPO kan lagi naik-naiknya. Harusnya ada ruang buat teman-teman berunding. Toh, tidak berdampak juga terhadap keuntungan perusahaan," ujar Rabbiansyah.

Dengan kebijakan Pemerintah Pusat tersebut, jelasya, Kabupaten Kotabaru sangat dirugikan.

Mengingat di Kabupaten Kotabaru tercatat kurang lebih 50 ribu buruh baik di sektor tambang batu bara dan di perkebunan kelapa sawit.

Kebijakan Pemerintah Pusat mengamputasi kebijakan daerah, sementara sumber daya alam (SDA) dikeruk, pajak serta perizinan semua di Pemerintah Pusat.

"Daerah mendapat porsi bagi hasil yang tidak setimpal, begitu sulit kita bergerak untuk membangun daerah," pungkas Rabbiansyah. (aol/*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved