Breaking News:

Banjir Kalsel

Banjir di Kalsel - Dinsos Kalimantan Selatan Minta Kabupaten Kota Siagakan Logistik Bencana

Banjir di Kalsel. Dinas Sosial Kalimantan Selatan beri bantuan kepada Kabupaten Balangan, Kabupaten HSS, Kabupaten HST, Banjarbaru dan Kabupaten Tanbu

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
BABINSA BATU BENAWA SERDA TAJUDIN
Banjir di Kalsel. Masyarakat dan Babinsa kerja keras singkirkan sampah batang bambu dan lainnya dari Sungai Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (20/11/2021). Tujuannya, supaya sungai tidak tersumbat sehingga warga terhindar dari dampak bencana. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Banjir di Kalsel. Waspada bencana banjir membuat Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan menyiagakan Dinas Sosial kota dan kabupaten untuk menyiapkan logistik.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Kalsel, Siti Nuriyani, Sabtu (20/11/2021), mengenai permintaan kepada kepada semua Dinas Sosial daerah untuk siap siaga logistik di wilayah masing-masing.

"Kami minta agar logistik siap siaga jika terjadi bencana, dan segera didata ketersediaannya, jika ada yang kurang agar dilengkapi," ujarnya.

Dinas Sosial Provinsi Kalsel, terangnya, telah memberikan bufferstock untuk lima daeraeh yang diperkirakan mengalami hujan dengan intensitas tinggi.

Baca juga: Banjir di Kalsel - Babinsa Aluan Besar Bersama Warga Kabupaten HST Singkirkan Sampah

Baca juga: Banjir di Kalsel - Sampah Sumbat Sungai Kayu Rabah Sulitkan Warga Kabupaten HST Angkut Panen

Seperti prediksi BMKG, beberapa waktu terakhir sejumlah wilayah di Kalsel mengalami bencana hidrometeorologi. Hujan deras terjadi di kabupaten/kota dan membuat beberapa di antaranya terendam.

"Kabupaten Balangan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kota Banjarbaru dan  Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) sudah kami berikan bantuan," rinci Siti Nuriyani.

Bantuan yang diberikan, yaitu makanan siap saji, makanan tambahan, food ware, kid ware, family kit, paket sandang, kasur, matras dan terpal.

"Pada banjir yang di Kabupaten HST, dapur umum telah didirikan Tagana Kabupaten semenjak tiga hari yang lalu,  sebanyak dua ribu paket makanan perhari untuk membantu masyarakat. Sedangkanuntuk Kabupaten HSS belum ada," tambah Nuriyani.

Baca juga: Banjir di Kalsel - Sejumlah Ruas Jalan Barabai HS Tergenang Lagi, ini Kawasan yang Terendam

Baca juga: Banjir di Kalsel, Prediksi Barabai HST Terendam Lagi, Warga Ramai-ramai Mengungsi

Berdasarkan data Tagana Dinsos Kalsel, banjir melanda tiga kabupaten sejak 5 hingga 16 November 2020, yakni di Kabupaten Balangan, Kabupaten HST dan Kabupaten HSS.

Rinciannya, korban terdampak banjir di Kabupaten Balangan sebanyak 704 jiwa atau 176 kepala keluarga, Kabupaten HSS ada 12 jiwa atau 4 kepala keluarga dan Kabupaten HST 3.834 kepala keluarga atau 14.274 jiwa.

Banjir yang terjadi lantaran hujan dengan curah hujan tinggi dan terus menerus dari 14 November pukul 6 sore hingga pukul 5 pagi,  akibatnya air sungai meluap dan menggenangi rumah warga, rumah ibadah, jalan raya, sekolah dan fasilitas umum lainnya. Tinggi genangan dari 30 sentimeter hingga 70 sentimeter.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved