Breaking News:

Berita Banjarbaru

Pengurus KNPI Kota Banjarbaru Gelar Seminar yang Diikuti Pekerja Magang

Pengurus KNPI Kota Banjarbaru mengadakan seminar diikuti mahasiswa yang magang agar menjadi angkatan kerja yang dapat berkontribusi bagi masyarakat.

Penulis: Siti Bulkis | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SITI BULKIS
Seminar mengenai Menghadapi Problematika Program Magang di Kalangan Mahasiswa Pekerja Magang diselenggarakan KNPI di Amanah Borneo Park, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (20/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Banjarbaru mengadakan seminar di Amanah Borneo Park, Sabtu (20/11/2021).

Ketua KNPI Banjarbaru, Gusti M Adam Maulana, menjelaskan, seminar ini diikuti para mahasiswa yang melaksanakan magang kerja atau pekerja magang.

"Namun lebih tepatnya KNPI di sini lebih memberikan perhatian serta pemahaman yang ditujukan kepada para mahasiswa yang melaksanakan magang," ujarnya.

Tujuannya, tentu agar para mahasiswa atau pekerja magang dapat memperhatikan poin-poin yang menjadi haknya. Di antaranya, terkait masalah waktu magang over time atau tidak.

Meskipun, lanjut Adam, hingga saat ini belum ada menerima informasi terjadi hal semacam itu, khususnya di wilayah Kota Banjarbaru.

Baca juga: Alumni SPN Banjarbaru Kalsel Bagikan Bantuan Untuk Fakir Miskin Hingga Tuna Netra

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kalsel: Nihil Sembuh dan Meninggal, Penambahan Positif 1 Orang

Sebab, meski tidak ada laporan, terkadang dan tidak dipungkiri para mahasiswa maupun pekerja magang seakan dimanfaatkan. Sementara, statusnya masih belum jelas. 

Berlandaskan hal tersebut pulalah, KNPI Banjarbaru perlu memberikan pemahaman yang diharapkan bisa menjadi solusi dalam menjalankan program magang. 

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru melalui Staf Ahli, Lesa Fahriana, sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Menurutnya, KNPI turut memberikan pemikiran terbaik, di antaranya dalam hal ini kepada para mahasiswa atau pekerja magang agar menjadi angkatan kerja yang dapat berkontribusi untuk masyarakat. 

"Mudah-mudahan dari kegiatan ini bisa membuahkan pemikiran yang bisa dilaksanakan bersama untuk kemajuan kedepannya," harapnya.

Baca juga: PTM Tahap Kedua di Banjarbaru Digelar Senin, Jumlah TK hingga SMP  Ikuti PTM Meningkat

Baca juga: Banjir di Kalsel - Dinsos Kalimantan Selatan Minta Kabupaten Kota Siagakan Logistik Bencana

 Dan hal ini pun bisa menjadi solusi terbaik dalam upaya melakukan pencegahan terjadinya penyalahgunaan atau pemanfaatan para mahasiswa atau pekerja magang. 

Senada dengan Ketua KNPI Banjarbaru, Lesa juga menyatakan pemerintah kota banjarbaru hingga saat ini belum ada menerima laporan terkait penyalahgunaan ataupun pemanfaatan mahasiswa atau pekerja magang. 

Sewdangkan hasil seminar, diharapkannya dapat pula disebarluaskan, sehingga bisa diterapkan sebagai pencegahan. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Akademisi dan Praktisi Pendidikan, Wahyudi Rifani, Kabid Hubungan Industrial dan Jamsostek Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Banjarbaru, Hadi Darma, Kepala Dinas Pendidikan, Muhammad Aswan, dan lainnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved