Breaking News:

Berita Batola

Sepekan Tak Mengalir, Warga Desa Kolam Kanan Barambai Keluhkan Layanan PDAM Batola

Sekitar dua pekan terakhir, warga Desa Kolam Kanan, Kecamatan Barambai, Kabupaten Batola keluhkan pelayanan PDAM Barito Kuala cabang Marabahan. 

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/muhammad tabri
Warga Desa Kolam Kanan, Kecamatan Barambai, menunjukkan pipa distribusi dari layanan PDAM Batola Cabang Marabahan yang belum mengalir akibat kerusakan, Senin (22/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO,ID, MARABAHAN - Sekitar dua pekan terakhir, warga Desa Kolam Kanan, Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala keluhkan pelayanan PDAM Barito Kuala cabang Marabahan. 

Hal ini berkenaan kurang maksimalnya distribusi air ledeng yang mereka gunakan. Mulai dari kurang deras hingga sempat tidak mengalir sama sekali. 

Warga pun terpaksa menggunakan air parit, namun tidak bisa untuk keperluan makan dan minum, karena payau dan tidak layak konsumsi. 

Disampaikan Kepala Desa Kolam Kanan, Edy Songkowo, dua pekan sebelumnya air masih mengalir namun dengan volume kecil atau seret. Kemudian sepekan terakhir ini sudah tidak mengalir sama sekali. 

Baca juga: Dikeluhkan Banyak Pelanggan, PDAM Batola Cabang Alalak Berupaya Maksimalkan Pelayanan

Baca juga: Risih Sering Terima Keluhan Pelayanan, Bupati Batola Sidak Kantor PDAM Batola Cabang Alalak

"Warga pun mengeluh dan menyampaikan kodisi ini ke pihak PDAM Batola untuk segera diatasi," ucap Edy. Senin (22/11/2021). 

Ia pun menambahkan, setelah beberapa kali menyampaikan keluhan, akhirnya ditanggapi dengan adanya distribusi air dengan mobil tangki beberapa hari terakhir ini. 

Per hati ada sekitar tiga hingga empat tangki dikirim guna memenuhi hajat pelanggan yang terdampak kerusakan. Terutama keperluan memasak dan minum. Itu pun harus dicukup-cukupkan. 

Terkait belum pulih secara maksimal pelayanan kepada puluhan pelanggan di Desa Kolam Kanan ini, pihak PDAM Batola mengakui adanya sejumlah titik kerusakan. 

"Kita sudah lakukan identifikasi. Hasilnya ada sekitar empat titik kerusakan, satu di antaranya di Jalan Tarutan, Kecamatan Marabahan," ucap Buyung Irawan, Kepala PDAM Batola Cabang Marabahan. 

Pihaknya pun tengah berupaya melakukan perbaikan. Berharap cepat selesai dan pendistribusian kembali normal. 

Baca juga: Aliran PDAM Macet Total, Warga Alalak Banjarmasin Ini Gatal-gatal Karena Mandi Air Sungai

Buyung pun menyampaikan, penyebab beberapa kerusakan yang terjadi akibat aktivitas petani, ada pula terlindas kendaraan dengan beban berat. 

Puluhan pelanggan yang ada di Desa Kolam Kanan sendiri bagian terujung menerima suplai air ledeng dari PDAM Cabang Marabahan, sedangkan kerusakan terjadi di pipa utama. Sehingga berdampak besar pada kawasan tersebut. (Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved