Breaking News:

Berita Banjarbaru

VIDEO Bantu Tuna Rungu, Aplikasi Karya Guru SLB di Banjarbaru Ini Bisa Tembus di Tingkat ASEAN

Selamat Hari Guru Nasional 2021. Seorang guru SLB Banjarbaru, karya dan metode pembelajarannya juara pertama nasional dan mampu tembus

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Hari Guru nasional jatuh pada hari Rabu 24 November 2021. Seorang guru SLB Banjarbaru, karya dan metode pembelajarannya juara pertama nasional dan mampu tembus ditingkat Southeast Asian Educational Innovation Awards 2021-2022.

Dia adalah, Betya Sahara. Karena berhasil mendapat juara 1, maka dia berhak mendapat $ 3000 Berupa Grant perjalanan diseminasi inovasi ke 11 Negara anggota SEAMEO dengan Izin dan Rekomendasi langsung dari kemdikbudristekdikti, yang berlokasi di Microtel hotel, Metro Manila, Filipina16 Desember 2021 mendatang.

Karya yang Betya Sahara buat adalah, Aplikasi Dara (Sadar Suara) yakni aplikasi yang mengajarkan presepsi bunyi dan berbicara pada anak tunarugu atau hambatan dengar.

Kepada Banjarmasin Post, Senin (22/11/2021) menjelaskan bahwa aplikasi tersebut sejatinya sudah dibuat mulai tahun 2019. Namun, aplikasi yang bisa membantu guru untuk mengajari siswa tuna rungu tersebut diperbaharui kembali di tahun 2020 dan 2021.

Guru SLB Berprestasi tersebut, mengaku membuat aplikasi itu pertama kali ketika dia olimpiade guru nasional 2019.

"Ketika itu saya buat aplikasi ini selama kurang lebih 4 jam dengan mentor terbatas ahli dibidang It," sebutnya.

Namun, sambungnya, waktu itu menu pada aplikasi tersebut masih terbatas.

"Aplikasi Dara itu mengajarkan anak tunarungu tentang presepsi bunyi dengan deteksi bunyi kemudian diperbaharui dan ditambahkan menunya untuk mengajarkan koreksi bicara anak tunarungu pada tahun 2020 dengan keperluan lomba coding edusiber regional pulau kalimantan dan Alhamdulillah bisa juara 1," cerita dia. (Banjarmasinpost /Nurholis Huda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved