Breaking News:

Berita Batola

Apresiasi Damkar se-Batola, Bupati upayakan Sejumlah Permintaan

Puluhan Kelompok Pemadam Kebakaran (Damkar) se-Kabupaten Barito Kuala menggelar pertemuan dengan Bupati Hj Noormiliyani

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/muhammad tabri
Bupati Batola saat menyerahkan bantuan alat pemadam kebakaran pada acara Apresiasi Damkar se-Batola di SKB Marabahan. Selasa(23/11/2021). 

BANJARMASONPOST.CO.ID, MARABAHAN - Puluhan Kelompok Pemadam Kebakaran (Damkar) se-Kabupaten Barito Kuala menggelar pertemuan dengan Bupati Hj Noormiliyani di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Marabahan. Selasa (23/11/2021). 

Kegiatan yang dikemas dengan nama Apresiasi Damkar se-Batola ini diisi dengan penyampaian materi mengenai ketangkasan. serta penyerahan alat pemadam kebakaran dari Bupati kepada UPT Damkar Kabupaten Batola. 

Dihadiri sekitar 60 lebih anggota damkar dari sekitar 58 kelompok se-Batola, momentun ini juga dimanfaatkan penyampaian usulan BPK/PMK swasta. 

Setidaknya ada enam poin usulan BPK/PMK Swasta yang disampaikan perwakilan damkar H Syaiful Asgar kepada bupati.

Baca juga: Sepekan Tak Mengalir, Warga Desa Kolam Kanan Barambai Keluhkan Layanan PDAM Batola

Baca juga: Antisipasi Penanganan Banjir, BPBD Batola Koordinasi dengan Dinas Sosial

Di antara memohon diberikannya uang pembinaan atau biaya operasional per bulan atau per tahun, permohonan bantuan berupa peralatan pemadam kebakaran, asuransi jiwa anggota pemadam, pelatihan/pembinaan kepada BPK/PMK swasta tentang tata cara penanggulangan bencana. 

"Di samping itu, kami juga mengusulkan kepada pemkab agar mengadakan ajang latihan ketangkasan yang dilaksanakan tiap tahun, serta pembinaan dan penganggaran untuk organisasi yang menaungi pemadam swasta," ucap Syaiful. 

Menanggapi ini, Bupati Noormiliyani menyatakan, usulan yang disampaikan agak terlambat mengingat sisa masa jabatannya tersisa kurang dari setahun tepatnya 4 November 2022 berakhir di samping APBD TA 2022 sudah mendapat persetujuan. 

Seandainya usulan yang disampaikan ini lebih awal, lanjutnya, insya Allah di tahun 2022 akan dianggarkan walau pun dalam situasi covid-19 yang banyak terjadinya pemotongan anggaran. Namun jika yang bersifat kemanusiaan biasanya lebih mendapat perhatian.

Pun begitu, ia menyatakan, akan tetap mengusahakannya. Kendati hanya melalui dana CSR yang biasanya peruntukannya terbatas tidak bisa rutin setiap tahun. 

Adapun mengenai asuransi jiwa bagi anggota pemadam, bupati perempuan pertama di Kalsel ini menyatakan sependapat atas usulan yang sampaikan. Ia bahkan menilai jenis asuransi ini sangat penting bagi anggota pemadam kebakaran. 

Datangkan Damkar Batola, Rutan Marabahan Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran

"Saya lebih tertarik dengan BPJS tenaga kerja ini. Nantinya jika semua sudah terdata akan diupayakan membantu," tegas Noormiliyani. 

Sementara terkait pelatihan/pembinaan kepada BPK/PMK swasta, Noormiliyani menyatakan, kemungkinan nantinya akan ditangani damkar kabupaten. (Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved