Breaking News:

Berita Tabalong

PPKM Tabalong Turun ke Level 2, Hasil Assesmen Situasi Covid-19 Ternyata Sudah Berada di Level 1

Kabupaten Tabalong akhirnya berhasil turun ke PPKM level 2. Penerapan PPKM level 2 sesuai inmendagri berlaku dari 23 November sampai dengan 6 Desember

Penulis: Dony Usman | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/dony usman
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dampingi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor tinjau vaksinasi di Ponpes Al Madaniyah Jaro Tabalong. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Setelah beberapa kali mendapat perpanjangan untuk penerapan PPKM level 3, saat ini Kabupaten Tabalong berhasil turun ke PPKM level 2.

Turunnya level PPKM di Tabalong ke level 2 ini sesuai dengan Instruksi Mendagri (Inmedagri) Nomor 61 tahun 2021, tertanggal 22 November 2021.

Penerapan PPKM level 2 untuk Kabupaten Tabalong sesuai inmendagri berlaku dari 23 November 2021 sampai dengan 6 Desember 2021.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tabalong, Taufiqurrahman Hamdie, Selasa (23/11/2021), membenarkan, telah turunnya penerapan PPKM dari level 3 ke level 2.

Baca juga: Capaian Vaksiniasi Covid-19 Belum 50 Persen, Mendagri Tetapkan PPKM Tabalong Kembali Level 3

Baca juga: PPKM Tabalong Masih Bertahan di Level 3, Diperpanjang Hingga 20 September 2021

"Turun ke level 2," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong ini.

Dijelaskannya, saat ini berdasarkan data manual hasil cakupan vaksinasi Covid-19 di Tabalong memang sudah menyentuh angka 50 persen sesuai target level 2.

Namun saat inmendagri terbit ternyata data yang muncul di dashboard vaksin Kemenkes RI, masih kurang 1 persen dari 50 persen.

Meski data yang tampil di dashboard kurang 1 persen, namun penerapan PPKM Tabalong tetap bisa turun ke level 2.

Ini dikarenakan berdasarkan hasil assesmen terhadap situasi Covid-19 di Kabupaten Tabalong sudah berada di level 1.

"Untuk daerah yang sebenarnya sesuai asesmen berada di level 1 namun cakupan vaksinasi kurang 50 persen, maka akan diturunkan levelnya satu tingkat di bawahnya dan ini terjadi pada Tabalong," katanya.

Diketahui dari hasil assesmen, untuk kasus konfirmasi sudah nol, rawat inap di rumah sakit nol dan kematian juga sudah nol. Begitu pula postif rate perminggu.

Baca juga: Masih Bertahan di PPKM Level 2, Satgas Covid-19 Tapin Gencar Operasi Prokes

Sementara itu dalam inmendagri terbaru, di Kalsel untuk PPKM level I hanya di Kabupaten Tanah Bumbu.

PPKM level 2 di Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Tabalong, Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru.

Sedangkan untuk level 3 di Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan Kabupaten Balangan. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved