Breaking News:

Makam Sultan Suriansyah

Wisata Kalsel, Bentuk Yayasan dan Website Mengenai Makam Sultan Suriansyah di Banjarmasin

Wisata Kalsel. Yayasan Restu Sultan Suriansyah didirikan dan dikelola zuriah atau ahli waris pada 2020 dan telah dibuat web restusultansuriansyah.com.

Penulis: Syaiful Anwar | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SYAIFUL ANWAR
Wisata Kalsel. Kompleks Makam Sultan Suriansyah di Jalan Pangeran, Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Wisata Kalsel. Yayasan Restu Sultan Suriansyah dibentuk dan juga membuat web supaya masyakat bisa melihat di sosial media mengenai Makam Sultan Suriansyah.

Makam Raja Banjar tersebut terdapat di Jalan Pangeran, Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Situs Makam Sultan Suriansyah masuk dalam Benda Cagar Budaya yang dilindungi Undang Undang dengan SK Penetapan : SK Menteri NoKM7/PW007/MKP03 dan masuk dalam Sistem Registrasi Cagar Budaya dengan nomor REGNAS : RNCB.20030304.04000884 dengan Status Kepemilikan adalah Ahli Waris.

Menurut Ketua Yayasan Restu Sultan Suriansyah, Syarifuddin Nur, SE, pada tahun 2020 sudah berdiri sebuah Yayasan dengan nama Yayasan Restu Sultan Suriansyah dengan Akta Notaris Tgl 31 Agustus 2020 No. 41 SK MENKUMHAM Nomor AHU-0014776.AH01.04, Tahun 2020 Tanggal 2 September 2020.

Baca juga: Wisata Kalsel : Makam Sultan Suriansyah di Banjarmasin Diziarahi Pengunjung Hingga Luar Negeri

"Yayasan ini didirikan dan dikelola zuriah atau ahli waris. Sebelumnya, pengelolaan situs Makam Sultan Suriansyah berada di bawah naungan Badan Pengelola dan Pemelihara Makam Sultan Suriansyah," runutnya.

Menurut Syarifuddin, Yayasan Restu Sultan Suriansyah yang didirikan ini mempunyai maksud dan tujuan di bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat bisa mendapat berbagai informasi digital dengan mengakses disitus resmi dengan alamat website : restusultansuriansyah.com.

"Situs resmi Yayasan Restu Sultan Suriansyah ini diharapkan nantinya bisa memberikan edukasi dan informasi aktual tentang pengelolaan makam secara online, info tentang  berbagai sejarah Banjar,  pelestarian adat budaya, event-event ceremonial tahunan yang akan diadakan di makam dan kampung Kuin pada umumnya," urai dia.

Baca juga: Wisata Kalsel, Kawasan Pasar Terapung Banjarmasin Dipasangi Pagar Panjang 100 Meter

Baca juga: Wisata Kalsel : Sajikan Pemandangan Mempesona, Akses Jalan ke Wisata Alam Kuin Kacil Masih Terbatas

Dibentuknya yayasan ini diharapkan nantinya tidak hanya berfungsi untuk mengatur pengelolaan dalam lingkungan Makam Sultan Suriansyah dan kerabatnya saja, namun lebih luas lagi, bisa menjadi wadah pelestarian dan pengembangan adat, sosial budaya Banjar yang hampir hilang dan musnah akibat perkembangan zaman.

Ditambahkannya, diharapkan yayasan ini juga berperan aktif bersama pemerintah daerah mengangkat kembali nilai nilai sosio cultural masyarakat Banjar yang semakin heterogen. 

"Mungkin lewat even-even budaya, festival, seminar dan berbagai pagelaran pentas seni budaya, insya’Allah akan dapat terlaksana dengan baik dengan adanya Yayasan Restu Sultan Suriansyah ini," tandasnya

(Banjarmasinpost.co.id/Syaiful Anwar)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved