Breaking News:

Makam Sultan Suriansyah

Wisata Kalsel : Makam Sultan Suriansyah di Banjarmasin Diziarahi Pengunjung Hingga Luar Negeri

Makam Sultan Suriansyah di Kuin Utara Banjarmasin selalu ramai diziarahi pengunjung. Tak hanya dari kalsel, dari luar daerah hingga luar negeri

Penulis: Syaiful Anwar | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/syaiful anwar
Rombongan Majelis ta'lim dari Sungai Ulin usai mengunjungi Makam Sultan Suriansyah di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebanyak 65 orang anggota yasinan Majelis Ta'lim dari Sungai Ulin Banjarbaru melakukan ziarah ke Makam Sultan Suriansyah di daerah Kuin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (21/11/2021).

"Kedatangan kami kesini merupakan program rutin kami berziarah ke makam-makam wali Allah, supaya mendapat berkah," ujar Retno, salah satu anggota Majelis Ta'lim yang ditemui saat berkunjung ke Makam Sultan Suriansyah, kemarin.

Dijelaskan dia, rombongan yang berkunjung ke Makam Sultan Suriansyah berjumlah 65 orang itu menggunakan tiga bus.

Setelah berkunjung ke Makam Sultan Suriansyah, rombongan ini melihat dermaga.

Anda bisa menyimak VIDEO Makam Sultan Suriansyah di link ini: https://www.youtube.com/watch?v=nwIAt-O5Mqc 

Baca juga: Banyak Makam Tokoh Sejarah Kerajaan Banjar, Kompleks Makam Sultan Suriansyah Dijadikan Cagar Budaya

Baca juga: Polemik Kepengurusan Pengelola Makam Sultan Suriansyah, Ini Kata Juriat Pegustian

Terpisah, penjaga Makam Sultan Suriansyah, Hamdani, mengatakan peziarah yang datang tak hanya dari Kalsel saja, juga dari Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Timur, Jawa hingga Sumatera, bahkan luar negeri.

"Kemarin ada yang datang dari Tambilahan, Riau, ziarah ke sini. Mereka mengaku keturunan Urang Banjar sekaligus mencari zuriahnya," papar dia.

Terpisah, Ketua Yayasan Restu Sultan Suriansyah, Syarifuddin Nur, SE, mengatakan, selain Makam Sultan Suriansyah atau Sunan Batu Habang juga ada makam Khatib Dayyan atau Dai'yan, Putri Galuh Intan Sari.

Kemudian, Sultan Rahmatullah (Sunan Batu Putih), Sultan Hidayatullah 1 (Sunan Batu Hirang), Patih Masih (Kyai Patih Pangeran Djaga Baya), Patih Kuin (Pangeran Jaya Buana), Syaikh Abdul Malik (Tuan H Batu) dan lain-lain.

Selain itu, ada makam Ratu Adipati Anta Kesuma bin Sultan Mustaiinbillah. Pangeran Ahmad, Pangeran Muhammad, Datuk Kyai Bukhasin, Gusti Muhammad Arsyad, Hajjah Wan Sa'anah dari Negeri Serawak Malaysia, Muhammad anak  seorang mualaf warga keturunan Tionghoa, Mangkubumi Arya Taranggana.

Baca juga: Ratu Intan Sari, Ibunda Sultan Suriansyah yang Dimakamkan Berdampingan dengan sang Putra

"Pelan-pelan menyediakan museum yang cukup sederhana dan masih belum lengkap betul," paparnya.

Selain itu, lanjut Syarifuddin, bagi yang ingin mengunjungi obyek wisata Masjid Sultan Suriansyah yang letaknya tidak terlalu jauh dari kompleks Makam Sultan Suriansyah.

(Banjarmasin post.co.id/Syaiful Anwar)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved