Breaking News:

Makam Sultan Suriansyah

Wisata Kalsel, Sketsa Khatib Dayyan di Museum Kompleks Makam Sultan Suriansyah Banjarmasin

Wisata Kalsel. Keris, tombak, barang pecah belah, foto Khatib Dayyan ada di museum Kompleks Makam Sultan Suriansyah Kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin.

Penulis: Syaiful Anwar | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SYAIFUL ANWAR
Wisata Kalsel. Pengunjung museum di Kompleks Makam Sultan Suriansyah, Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Wisata Kalsel. Sebelum pandemi, museum di lingkungan Makam Sultan Suriansyah di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, sempat tutup.

Ini dikarenakan, waktu itu kondisinya tak layak ditampilkan dan dimana-mana terjadi kerusakan. Terutama, atapnya bocor.

Barang-barang yang akan ditampilkan di museum di wolayah Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, itu pun tidak ada. Dan, tempat tersebut lebih dijadikan tumpukan barang atau semacam gudang. 

"Disebut museum, tapi tidak dikelola secara profesional. Tempat itu sebelumnya digunakan untuk menyimpan  barang, kain, piring bekas dan penitipan barang," ujar Ketua Yayasan Restu Sultan Suriansyah Syarifuddin Nur, SE.

Baca juga: Wisata Kalsel, Warga Ini Bernazar ke Makam Sultan Suriansyah di Banjarmasin

Baca juga: Wisata Kalsel, Ada Aruh Kuin dan Maturi Dahar Haul Jama di Makam Sultan Suriansyah Banjarmasin

Ironisnya waktu itu ada beberapa barang terletak gedung itu hilang dicuri.

Sewaktu Wali Kota H Ibnu Sina melakukan ziarah dan mengunjungi Makam Sultan Suriansyah, sangat perihatin melihat kondisi tersebut.

"Wali Kota menyarankan bekerja sama dengan Pemprov Kalsel patungan melakukan perbaikan di kawasan Makam Sultan Suriansyah," ucapnya.

Pihak pengelola pun, lanjut Syarifuddin, juga mengumpulkan dana dari sumbangan masyarakat yang berkunjung ke makam hingga dapat Rp 151 juta.

Baca juga: Wisata Kalsel, Bentuk Yayasan dan Website Mengenai Makam Sultan Suriansyah di Banjarmasin

Baca juga: Wisata Kalsel : Makam Sultan Suriansyah di Banjarmasin Diziarahi Pengunjung Hingga Luar Negeri

"Kami pun memperbaiki halaman yang biasanya becek saat musim hujan, bikin gorong-gorong, taman diperindah, atap musem diganti dengan sirap yang bagus didatangkan dari Sampit," rincinya. 

Akhirnya, lanjut dia, bangunan museum itu selesai direhab dan bisa untuk tempat memamerkan keris, tombak, barang-barang pecah belah yang ditemukan saat penggalian.

"Di museum juga ada koleksi foto-foto daerah Kuin Tempo dulu, foto Masjid Sultan Suriansyah. Ada foto sketsa Khatib Dayyan serta foto Syaikh Abdurrahman Shidiq Al Bukhayyan, Mufti Kerajaan Banjar wilayah daerah Kuin dan Alalak," sebut Syarifuddin.

(Banjarmasinpost.co.id/Syaiful Anwar)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved