Breaking News:

Berita Kabupaten Banjar

Ciri-ciri Kegiatan di Masyarakat, Jika Akan Diadakan Peringatan Haul Guru Sekumpul

Warga belum menerima pengumuman pemerintah daerah mengenai Haul Guru Sekumpul. Jika diadakan, akan dibangun kantong parkir, posko, dapur umum.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MUKHTAR WAHID
Tempat peziarah datang, yaitu Gang Taufik, Kelurahan Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (24/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Masyarakat masih menunggu ciri-ciri yang biasa terlihat menjelang peringatan Haul Guru Sekumpul digelar pada Februari 2022.

Hal itu dapat diperhatikan dari kegiatan bersih-bersih lingkungan untuk kantong parkir jemaah muhibbin dan membuat pos di sejumlah titik, biasanya di setiap gang di Jalan Sekumpul dan sekitarnya, terutama di Kelurahan Tanjung Rema Darat dan Kelurahan Jawa, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Selain itu, setiap Kamis malam dan Minggu malam digelar pembacaan maulid habsi yang dipimpin imam Musala Arraudah. Bahkan, jemaah maulid menggelar sajadah hingga menutup akses di depan Kompleks Arraudah.

"Apabila jamaah yang menghadiri pembacaan maulid habsi sudah menutup akses Jalan Sekumpul, ciri utama digelar peringatan Haul Tuan Guru Sekumpul," ujar Zainal Arifin, warga Kelurahan Tanjung Rema Darat, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Berhasil Mengungkap Kasus Narkoba, 3 Anggota Satlantas Polres Banjar Dapat Penghargaan

Baca juga: Terkendala Kesepakatan Warga, Segmen 2 Pembenahan Sekumpul Terancam Mandek

Ketua RT 01 RW 02 Kelurahan Sekumpul, Riswijiyono, mengakui telah mendapat isu-isu digelar haul yang beredar di masyarakat. 

"Cuma dari yang berwenang, tidak ada informasi. Dilaksanakan atau tidak dilaksanakan, belum ada kabar,"  tegasnya.

Ciri-ciri kegiatan Haul Guru Sekumpul digelar secara massal, biasa sudah dipersiapkan dua bulan sebelum hari H.

Persiapan itu di antaranya mendirikan posko, dapur umum, kebersihan area parkir di lingkungan RT 01 RW 02 Kelurahan Sekumpul. 

Baca juga: Akun Medsos Bupati Banjar Dipalsukan, Pelaku Imingi Jabatan Strategis

Baca juga: Juru Bicara Satgas Kabupaten Banjar Sebut Cakupan Vaksinasi Capai Angka 23 Persen

Saat ini, jemaah atau muhibbin yang ingin berziarah, masih memungkinkan di luar regol kubah pusara makam KH Muhammad Zaini Ghani atau Guru Sekumpul.

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved