Breaking News:

Berita Tanahbumbu

Dua WNA yang Diamankan Polisi di Tanbu Tercatat Bervisa Kerja Tenaga Ahli

Dua WNA diamankan oleh Polres Tanah Bumbu Polda Kalsel dalam penindakan dugaan aktivitas penambangan liar di Desa Mangkal Api, Kecamatan Kusan Hulu

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Eka Dinayanti
Kanwil Kemenkumham Kalsel
Kanim Batulicin melaksanakan penelusuran dokumen keimigrasian dua WNA China yang diamankan Polisi di Tanbu Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II TPI Batulicin terus melakukan pendalaman terkait status keimigrasian dua warga negara asing (WNA) yang turut diamankan Polisi dalam penindakan dugaan aktivitas penambangan ilegal di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalsel.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel, Teodorus Simarmata mengatakan, dua WNA berkewarganegaraan China berinisial LS (35) dan LZ (55) yang diamankan Polisi pada Senin (22/11/2021) itu mengantongi Izin Tinggal Terbatas (ITAS).

"Berdasarkan data SIMKIM (Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian), kedua orang asing tersebut terdaftar sebagai pemegang ITAS Bekerja dengan Indeks C312," kata Teo, Rabu (24/11/2021).

Merujuk laman, https://visa-online.imigrasi.go.id, Indeks C312 adalah izin visa yang diberikan bagi pekerja kategori tenaga ahli.

Baca juga: Kabupaten Tanahbumbu Berada di PPKM Level 1, Kadinkes Tanbu: Ranking 1 Penanganan Covid-19 di Kalsel

Baca juga: Para Korban Investasi Datangi Polres Tanahbumbu, Minta Pelaku Diproses Hukum dan Uang Kembali

Sambil terus berkoordinasi dengan Polres Tanah Bumbu Polda Kalsel, Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanim Batulicin juga menelusuri terkait aktivitas kerja yang dilakukan dua WNA tersebut.

Diketahui, keduanya bekerja di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan berkantor di Kabupaten Tanah Bumbu.

Legal dari perusahaan tersebut dikatakan membenarkan bahwa kedua WNA berinisial LS dan LZ memang bekerja di perusahaan tersebut.

Baca juga: Kebakaran di Banjarmasin, Kapolsek Sebut Tipis Kemungkinan Penyebab Api di Aspol karena Korsleting

Meski demikian, proses hukum terkait dugaan tindak pidana aktivitas penambangan liar tetap berjalan di ranah Kepolisian.

Diberitakan sebelumnya, kedua WNA tersebut turut diamankan oleh Polres Tanah Bumbu Polda Kalsel bersama tiga orang lainnya dalam penindakan dugaan aktivitas penambangan liar di Desa Mangkal Api, Kecamatan Kusan Hulu, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalsel.

Tak cuma mengamankan lima orang, Polisi juga turut mengamankan sederet barang bukti di TKP.

Puluhan alat berat berupa ekskavator maupun kendaraan jenis dump truck juga diamankan dan dipasangi garis Polisi.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved