Breaking News:

Berita Kotabaru

Jadi Komoditas Primadona, Porang Mulai Dikembangkan Aspeporin di Pulaulaut Kotabaru

tanaman porang dikembangkan hingga di area wisata Gunung Mamake, Desa Sarangtiung, Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kabupaten Kotabaru

Penulis: Herliansyah | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/herliansyah
Tanaman porang mulai dikembangkan di wilayah Pulautlaut, di antaranta kawasan wisata Gunung Mamake, Desa Sarangtiung, Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kotabaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Tanaman porang mulai menjadi primadona.

Bahkan komoditas tanaman yang punya nilai ekonomis cukup bagus ini terus dikembangkan bahkan hingga di wilayah daratan Pulaulaut, Kotabaru.

Di Pulaulaut Utara Kotabaru, tanaman porang dikembangkan hingga di area wisata Gunung Mamake, Desa Sarangtiung, Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Puluhan ribu pohon bibit porang ditanam di kawasan itu, bantuan dari PT Arutmin Indonesia, dihadiri unsur muspida, muspika, kelompok tani dan stakeholder terkait, Selasa (23/11/2021).

Baca juga: Pemda Kotabaru Bantu Mediasi PLN UIP Kalbagtim dengan Sinarmas Soal Titik SUTT

Baca juga: Warga Rampa Kotabaru Jadikan Akses Jembatan Pemukiman Tempat Santai, Setiap Sore Diramaikan Penduduk

Sutrisno, Ketua Asuhan Pemberdayaan Porang Indonesia (Aspeporin) Kotabaru, mengapresiasi langkah dan kepedulian Bagian Community Development/Capital Sosial Responsibility PT Arutmin Indonesia Kotabaru, memberikan bantuan bibit tanaman porang berupa bulbil/katak untuk dibudidayakan dan dikembangkan oleh masyarakat petani di Desa Gedambaan dan Sarangtiung Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kotabaru.

"Ini bisa menjadi cikal bakal budidaya porang yang berkelanjutan dan intensif di Pulaulaut Kotabaru," ujar Tris.

Tris menerangkan, pada seminar nasional porang pada 14 Maret 2020 di Kantor Kementerian Pertanian Republik Indonesia, setiap tanggal 14 Maret dicanangkan sebagai hari porang.

Dijelaskan Direktur Jendral Akabi (Aneka Kacang dan Umbi Umbian) Kementerian Pertanian, porang sebagai salah satu umbi umbian dapat mengembalikan kejayaan rempah dan pangan nusantara di mata dunia.

"Jadi sudah menjadi kewajaran bahwa pembangunan memerlukan partisipatif seluruh masyarakat dan komponen bangsa," sebutnya.

Baca juga: Tanahlaut Terus Gencarkan Vaksinasi Covid-19, Dua Pekan Naik Lima Persen

Harapannya bantuan bibit menjadi berkah dan berguna bagi para petani porang yang menerima khususnya dan masyarakat pada umumnya.

"Kami dari Aspeporin sangat mengapresiasi, dan berterima kasih atas bantuan bibit porang dari Arutmin ini," tutupnya.

Hadir dalam kegiatan Dandim 1004 Kotabaru Letkol Inf Roy Fakhrul Rozi, perwakilan Forkopimda, Kepala Dinas Pertanian Kotabaru Ir Hairudin, dan Gapoktan.

Dari ihak manajemen PT Arutmin Indonesia NPLCT, hadir Efdil H (CDEA Officer), Pak Yogi A.P. Mendra (CDEA Supervisor).

BANJARMASINPOST.CO.ID/Helriansyah

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved