Breaking News:

Berita Tanahlaut

Mantan Bupati Tala Adriansyah Ungkap Lika-liku Mendirikan Politala Kalsel, Mahasiswa Terharu

Mantan Bupati Tala, H Adriansyah, hadir dan beri sambutan di depan puluhan mahasiswa Politala di gedung pertemuan setempat, Pelaihari, Provinsi Kalsel

Penulis: Idda Royani | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ROY
Mantan Bupati Tanah Laut (Tala), H Adriiansyah,┬ámemaparkan sejarah mendirikan Politeknik Tanah Laut (Politala) pada Seminar Sehari Publik Speaking di Kampus Politala, Pelaihari, Kabupaten Tala, Kalimantan Selatan, Rabu (24/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Di balik eksistensi Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala), tak banyak yang tahu sejarah pendiriannya penuh jalan berliku. Menguras waktu, tenaga, pikiran serta biaya yang tak sedikit.

Hal itu diutarakan mantan Bupati Tala, H Adriansyah, di depan puluhan mahasiswa Politala di gedung pertemuan setempat, Pelaihari, Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (24/11/2021).

Mantan bupati Tala dua periode yang akrab disapa Aad ini hadir di kampus, menghadiri Seminar Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Politala. Sebelum seminar dimulai, ia diminta untuk menyampaikan sambutan.

Aad mengutarakan apresiasinya kepada keluarga besar Politala yang mampu membesarkan civitas akademika sehingga satu-satunya perguruan tinggi di Tala itu makin eksis dan mendapat tempat di hati publik di banua ini.

Ia pun menuturkan sejarah pendirian Politala yang sarat jalan berliku. "Saat itu sulit sekali saya mencari orang yang punya semangat tinggi merintis perguruan tinggi hingga akhirnya saya ketemu Pak Sihabuddin Chalid," sebutnya.

Baca juga: Baznas Kalsel Peduli Warga Kurang Mampu, Hadirkan Dosen Politala Ajarkan Bikin Kompos

Baca juga: Pemantauan Investor Asing dan TKA di Kabupaten Tanahlaut Diperketat, Begini Tanggapan Pihak Asing

Baca juga: Kantor Baru Kecamatan Panyipatan Berdiri Megah di Jalan Raya Batakan, Begini Harapan Warga

Sihabuddin adalah salah satu pendiri Politala. Ia orang pertama yang meretas jalan pendirian perguruan tinggi atas restu dan support Bupati Tala. Saat ini yang bersangkutan menjabat pada posisi Dewan Penyantun Politala.

Bolak-balik ke Jakarta hingga kadang nyaris tak punya waktu tidur, hal biasa yang dilakoni Sihabuddin.

Meski berkas yang diajukan ke kementerian di Jakarta kerap kandas, namun hal itu tak pernah menyurutkan langkah Sihabuddin untuk terus berjuang merintis pendirian perguruan tinggi di Kabupaten Tala.

Sampai akhirnya, setelah sekian tahun peras keringat, berhasil juga. Selain semangat pantang menyerah, seni komunikasi juga memegang peranan penting.

Puluhan mahasiswa yang menjadi peserta seminar sehari itu pun tampak terharu. Mereka meresapi peluh dan lelahnya perjuangan pendirian Politala yang dulu berawal dengan status perguruan tinggi swasta.

Baca juga: Bersama Politala, Bappelitbang Tapin Olah Limbah Pertanian Jadi Biogas

Baca juga: Program Sawit Rakyat di Tanahlaut 2021 Seluas 109 Ha, Desember Mulai Berjalan, Ini Sasarannya

Baca juga: VIDEO Ratusan Pelajar SMP di Pelaihari Kabupaten Tanahlaut Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved