Breaking News:

Tips Menyusui

Tips Menyusui yang Benar bagi Para Ibu, Fakta Memberi ASI Dapat Membakar Kalori

Simak tips menysui yang benar dan tepat bagi para Ibu.Namun, menyusui bayi ada aturan dan caranya. Hal ini agar bayi merasa nyaman.

Penulis: Mariana | Editor: M.Risman Noor
BANJARMASINPOST.CO.ID/AYA SUGIANTO
Perbincangan mengenai menyusui bayi di tayangan BTalk menghadirkan narasumber, Dewi Matahari Haq AMKeb, bidan dan terapis Mom-Baby Spa Banjarmasin, dipandu host, Tania Anggrainy dan Danti Ayu Sekarini, jurnalis BPost, Selasa (23/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Simak tips menysui yang benar dan tepat bagi para Ibu.

Menyusui adalah proses pemberian susu kepada bayi atau anak kecil dengan air susu ibu (ASI) dari payudara ibu. Bayi menggunakan refleks menghisap untuk mendapatkan dan menelan susu.

Menyusui adalah kewajiban ibu terhadap bayinya. Setidaknya ASI eksklusif diberikan hingga bayi enam bulan.

Namun, menyusui bayi ada aturan dan caranya. Hal ini agar bayi merasa nyaman.

Dijelaskan bidan dan terapis Mom-Baby Spa Banjarmasin, Dewi Matahari Haq AMKeb, manfaat menyusui adalah terciptanya ikatan antara ibu dan bayi, juga meningkatkan kekebalan imun dan meningkatkan intelejensinya.

Sedangkan bagi si ibu menyusui itu dapat membakar kalori yang setara treatment selama satu jam. Jadi setidaknya dapat menurunkan berat badan berlebih.

Baca juga: Khasiat Madu Bagi Perempuan Usai Melahirkan, Kembalikan Kondisi Tubuh dan Juga Lancarkan ASI

Baca juga: Macam Khasiat Temulawak, Berbagai Penyakit Bisa Disembuhkan dan Mampu Meningkatkan Produksi ASI

"Dalam hal menyusi yang baik, maka perlu diperhatikan adalah posisi dan perlengkapannya. Hal ini agar tak terjadi lecet pada puting si ibu," jelas Dewi.

Posisi menyusui itu ada empat. Pertama adalah menyangga tubuh bayi dengan salah satu tangan dari punggung ke pantat bayi. Kepala bayi di lipatan siku sambil disangga dengan tangan satunya.

Sebagai pelengkap, jangan lupa gunakan bantal di lipatan siku untuk memberi kenyamanan pada kepala bayi.

Kedua, adalah posisi kebalikannya. Salah satu tangan menyangga tubuh bayi mulai pantat hingga punggung dan tangan satunya menyangga kepala. Posisi juga perlu perlengkapan berupa bantal.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved