Breaking News:

Berita Banjarmasin

Karantina Pertanian Banjarmasin Gelar Bimtek Tanaman Hias untuk Mendorong Akselerasi Ekspor

Karantina Pertanian Banjarmasin ingin memfasilitasi sekaligus mendorong komoditas tanaman hias menjadi lebih bernilai ekonomi

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Eka Dinayanti
Karantina Pertanian Banjarmasin
Bimtek Tanaman Hias oleh Karantina Pertanian Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tanaman hias cukup menjadi tren di masa pandemi Covid-19, bahkan petani milenial banyak yang memanfaatkan tanaman hias untuk menyalurkan hobi yang produktif.

Terlebih sejak munculnya gaya hidup "go green lifestyle" banyak pencinta tanaman baru ikut mengoleksi tanaman hias.
Dari yang awalnya hanya sekadar hobi justru kini sudah mengarah ke bisnis bahkan bisa sampai diekspor.

Terkait hal ini pula, Karantina Pertanian Banjarmasin hari ini Kamis (25/11/2021) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk akselerasi ekspor tanaman hias di Best Western.

Baca juga: Terdampak Pasang Air Laut,  Sungai di Banjarmasin Kembali Meluap Genangi Sejumlah Kawasan

Baca juga: Aksi Tolak Keputusan UMP Kalsel 2022, Buruh Minta Kehadiran Gubernur Kalsel

Melalui kegiatan Bimtek ini, Karantina Pertanian Banjarmasin ingin memfasilitasi sekaligus mendorong komoditas tanaman hias menjadi lebih bernilai ekonomi dengan berbagi informasi tentang prosedur perizinan sertifikasi dan prosedur ekspor.

Kegiatan Bimtek ini dibuka oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Selatan (Kalsel) Syamsir Rahman.

Setidaknya ada lima narasumber yang dihadirkan yaitu dari Badan Karantina Pertanian, Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perijinan Pertanian, Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel, eksportir tanaman hias CV Minaqu Indonesia, serta Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kalsel.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Selatan (Kalsel) Syamsir Rahman pun menyampaikan apresiasinya kepada Karantina Pertanian Banjarmasin yang mampu melihat peluang komoditas yang awalnya hanya berupa hobi ini.

"Saya ucapkan terimakasih kepada Karantina Pertanian Banjarmasin yang bersedia memfasilitasi Bimtek ekspor bagi komoditas tanaman hias," ujarnya.

Syamsir menambahkan bahwa Kalsel memiliki potensi untuk mengembangkan komoditas tanan hias sehingga diharapkan ke depannya bisa diwujudkan diekspor.

"Potensi cukup tinggi karena banyak tanaman eksotik asal Kalsel yang sangat diminati oleh para pecinta tanaman hias. Akan menjadi hal baru bagi Kalsel apabila mampu mewujudkan ekspor tanaman hias. Kami akan bersinergi dengan semua instansi terkait jika ada kendala baik dari segi perizinan maupun permodalan," jelasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved